Home Toko Online Beberapa Kesalahan Umum Yang Dilakukan Pemilik Toko Online

Beberapa Kesalahan Umum Yang Dilakukan Pemilik Toko Online

by Leah Hawkins

Toko Online

Toko online semakin digandrungi di Indonesia. Banyak sekali orang yang terjun ke dalam bisnis ini, namun hanya sedikit dari mereka yang berhasil. Mengapa kebanyakan orang gagal? Ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan berulang kali oleh para pelaku baru di bisnis ini. Dan lucunya, sebagian besar kesalahan ini adalah hal-hal penting yang sering diremehkan oleh para pelaku baru.

Umumnya para pelaku baru lebih mengkhawatirkan hal-hal yang berbau teknis dan biaya yang berkaitan dengan perancangan dan peluncuran website toko online mereka. Ironisnya, ini mungkin tugas yang paling mudah dari semua hal yang harus disiapkan.

Kenyataannya, sebagian besar pengusaha toko online sudah ‘menembak dirinya sendiri’ jauh sebelum mereka merancang website mereka. Dan inilah kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan  yang dapat membuat bisnis Anda lambat dalam memperoleh keuntungan atau bahkan rugi sama sekali.

Kesalahan # 1: Memilih niche yang terlalu kompetitif

Ketika akan membuat toko online, rata-rata orang ingin menjual t-shirt, pakaian bayi, atau kebutuhan pernikahan. Anda tahu? Pasar tersebut sangat luas dan sangat kompetitif. Ada berapa banyak toko di luar sana menjual t-shirt, pakaian bayi, atau kebutuhan pernikahan? Puluhan ribu. Anda mungkin tidak akan pernah berada di peringkat atas dalam mesin pencari untuk kata kunci yang ditargetkan.

Jangan memilih niche yang tidak cukup populer, karena tidak akan ada cukup pelanggan. Jangan pula memilih niche yang terlalu populer, karena Anda akan memiliki terlalu banyak kompetisi. Pilih yang sedang-sedang saja.

Kesalahan # 2: Salah mencari vendor

Kebanyakan orang tidak tahu ke mana harus mencari produk untuk dijual secara online. Internet adalah tempat yang sangat mengerikan untuk mencari vendor produk Anda karena ada begitu banyak penipu alias scammers di sana. Selain itu, sebagian besar distributor terpercaya tidak memasang iklan online. Kebanyakan distributor asli hanya fokus pada bisnis konvensional dan tidak ingin dibombardir dengan pertanyaan dari orang-orang yang tidak serius berbisnis.

Jadi, jika Anda ingin mencari vendor untuk dropshipping, gunakanlah layanan seperti Worldwide Brands untuk membantu Anda menemukan grosir yang sudah diverifikasi. Atau, jika Anda ingin mengimpor barang dari China, gunakanlah layanan seperti Alibaba.

Kesalahan # 3: Tidak Memiliki Rencana Pemasaran

Baca Juga:   Ragam Bisnis Terkini 2017

Anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan dari toko online jika Anda tidak memiliki strategi untuk mendatangkan traffic. Walaupun Anda telah menemukan niche dan produk yang sempurna, jika tidak ada yang bisa menemukan toko Anda maka Anda berada dalam masalah besar.

Ada banyak cara untuk mendatangkan traffic, misalnya, menggunakan Google Adwords dan Google Shopping. Amazon Product Ads memberikan layanan iklan gratis sehingga Anda bisa mencobanya tanpa risiko.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More