Home Finance Beginilah Cara Lapor Pajak Online melalui e-Filing

Beginilah Cara Lapor Pajak Online melalui e-Filing

by Erin Nuzulia
cara lapor pajak online

Memasuki bulan Maret kantor pajak semakin gencar untuk mengingatkan masyarakat untuk lapor pajak. Semua lini yang merupakan wajib pajak, diharuskan melaporkan pajak mereka. Baik itu perusahaan, perorangan, badan dan lainnya semuanya wajib melaporkan pajak baik dengan datang langsung ke kantor pajak atau secara online. Cara lapor pajak online terbilang mudah. Bagi kamu yang belum lapor pajak dan masih bingung caranya, kamu bisa lapor pajak secara online. Jika kamu masih bingung Cara lapor pajak online kami akan memberikan informasinya untuk kamu.

cara lapor pajak online

Setiap tahun batas akhir pembayaran dan pelaporan pajak untuk tahun sebelumnya ada di 31 Maret. Untuk tahun 2020 ini, Direktorat Jenderal Pajak memberikan perpanjangan pelaporan pajak hingga akhir April 2020. Hal tersebut dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang ada sehingga membuat Ditjen Pajak mengeluarkan kebijakan tersebut. Tentunya bagi kamu yang terlewatkan untuk laporan pajak, kamu masih bisa melaporkan pajak kamu. Jika melewati batas akhir April, kamu akan dikenakan sanksi berupa denda. Tidak mau dong hanya karena lupa atau malas lapor kamu harus membayar denda.

cara lapor pajak online

Di artikel kali ini akan dibahas mengenai cara lapor pajak Pribadi secara online menggunakan e-Filling. Di Indonesia sendiri presentasi wajib pajak pribadi lebih banyak dibanding badan atau usaha. Untuk itu secara spesifik informasi yang akan kami bagikan adalah untuk kamu wajib pajak perorangan. Nah, kamu yang belum lapor pajak, bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

cara lapor pajak online

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan data SPT yang akan kamu laporkan. Biasanya kamu akan mendapatkannya dari perusahaan tempat kamu bekerja.
  • Buka situs web DJP Online. Setelah itu untuk loggin, kamu cukup memasukkan nomor NPWP dan password. Tentunya ini akan berfungsi jika kamu sudah mendaftar di DJP online sebelumnya. Jika kamu ternyata belum terdaftar, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di kantor pajak.
  • Setelah berhasil masuk ke portal DJP Online, masuklah ke bagian Lapor dan pilihlah e-filling. Dengan e-filling, pelaporan pajak kamu akan semakin mudah.
  • Pada halaman Daftar SPT, klik tombol Buat SPT untuk membuat formulis SPT baru.
  • Kemudian pilihlah opsi yang ditawarkan sebagai berikut:
  1. Apakah Anda menjalankan usaha atau pekerjaan bebas? Untuk pertanyaan tersebut jawablah dengan pilihan Tidak.
  2. Pertanyaan selanjutnya adalah Apakah Anda seorang Suami atau Istri yang menjalankan kewajiban perpajakan terpisah (MT) atau Pisah Harta (PH)
  3. Untuk pertanyaan tersebut, jika kamu pilih Ya makan akan langsung diarahkan ke pengisian formulis 1770 S. Jika kamu pilih tidak maka akan ada satu pertanyaan lagi yaitu Apakah penghasilan kamu di bawah 60 juta atau tidak? Jika kamu jawab Ya, makan kamu akan diminta mengisi formulis 1770 SS, jika kamu jawab tidak kamu akan diarahkan mengisi formulir 1770 S.
  4. Sampai dengan tahap tersebut, akan lebih mudah kalau kamu memilih mengisi formulir dengan panduan. Hal tersebut karena akan ada petunjuk yang memudahkan kamu. Kamu tinggal menyesuaikan dengan SPT yang kamu dapat dari perusahaan atau sesuai dengan penghasilan yang kamu miliki. Setelah semuanya terisi, kamu akan diminta memasukkan kode yang bisa kamu kirim melalui email atau nomor telepon terdaftar.
Baca Juga:   Layanan Klik BCA yang Mempermudah Beragam Transaksimu

Itulah dia cara lapor pajak secara online yang tentunya sangat mudah. Terlebih DPJ memberikan kemudahan lainnya. Untuk referensi lain cara melaporkan pajak kamu bisa cek di sini.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More