Home Peluang Usaha Foodtruck: Peluang Usaha Yang Sedang Ngetren

Foodtruck: Peluang Usaha Yang Sedang Ngetren

by Leah Hawkins

peluang usaha - cara jualanBisnis kuliner selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman dan memberikan peluang usaha yang sangat banyak. Salah satu yang sedang ngetren adalah bisnis foodtruck, sebuah usaha kuliner yang semua kegiatan operasionalnya, meliputi penyiapan atau memasak, penyajian, dan transaksi penjualannya, dilakukan di dalam sebuah kendaraan besar.

Di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta dan Bandung, foodtruck sudah mulai ramai dan menjadi alternatif dalam menikmati kuliner. Kelihatanya peluang usaha foodtruck ini cukup menjanjikan meskipun bisnis ini risikonya cukup besar. Tetapi Anda juga harus ingat, setiap usaha pasti berisiko!

Konsep bisnis kuliner ini pertama kali booming di Amerika Serikat dan kemudian diikuti oleh negara-negara lain, termasuk Indonesia. Konsep unik yang diusung oleh foodtruck akan memberi pengalaman kuliner baru bagi masyarakat perkotaan. Respon dari konsumen terhadap foodtruck ini cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari ramainya jumlah pengunjung dan jam operasional foodtruck yang bisa dibilang cukup singkat. Kadang-kadang, baru dagang sebentar sudah habis diserbu konsumen. Hal ini tentu saja mengindikasikan omset penjualan yang jumlahnya juga tidak mungkin sedikit, bukan?

 

Bagi Anda yang ingin menekuni usaha di bidang kuliner, tidak ada salahnya Anda mencoba konsep bisnis ini. Namun, tentunya Anda harus menyiapkan kocek yang cukup tebal untuk membeli kendaraan dan berbagai perlengkapannya.

Plus Minus Peluang Usaha Foodtruck

Setiap usaha pasti memiliki plus dan minus, termasuk peluang usaha kuliner yang satu ini. Berikut ini beberapa nilai plus dan minus, serta hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Plus

·Foodtruck menawarkan pengalaman kuliner yang unik kepada konsumen.

·Mobilitas tinggi, bisa berpindah-pindah lokasi berjualan, sehingga ketika di satu tempat sedang sepi bisa pindah ke tempat yang lebih ramai.

2.

Minus

·Tidak semua tempat atau lingkungan memperbolehkan kehadiran foodtruck.

·Bisnis foodtruck membutuhkan biaya yang cukup besar, setidaknya puluhan juta rupiah.

·Biasanya restoran atau jenis usaha kuliner lainnya tidak mau berbaur dengan foodtruck.

3.

Perhatikan

·Mental bisnis dan kreativitas. Ini merupakan dua hal utama yang akan membawa banyak uang ke dalam pundi-pundi seseorang.

·Faktor kesehatan dan keselamatan. Dengan kondisi operasional yang mobile dan ruang kerja yang terbatas, kedua faktor ini wajib menjadi perhatian.

·Lokasi yang strategis. Ini sangat menentukan kemajuan bisnis makanan ini.

·Manfaatkan media sosial untuk promosi.

·Keunikan desain foodtruck. Semakin unik akan semakin menarik orang-orang untuk datang.

So, bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha, tidak ada salahnya mencoba konsep foodtruck seperti ini. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, bisnis foodtruck dapat menjadi sebuah usaha yang menjanjikan. Bagaimana, tertarik mencoba?

Baca Juga:   Inilah Keuntungan dari Memiliki Bisnis Fashion Branded

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More