Home Finance Menabung Logam Mulia pada Tabungan Emas Pegadaian, Siapa Takut?

Menabung Logam Mulia pada Tabungan Emas Pegadaian, Siapa Takut?

by Erin Nuzulia
tabungan emas pegadaian

Dalam era milenial seperti sekarang, kata investasi bukanlah sebuah kata yang asing. Banyak pemuda yang memulai dan tertarik untuk berinvestasi. Ya tak lain sebagian besar alasannya sebagai persiapan menuju hari tua. Investasi yang sedang menjadi tren di antaranya dalam bentuk reksa dana, saham, bahkan tabungan emas pegadaian.

Investasi lainnya yang berupa properti, tanah, surat berharga juga ada. Namun, ini juga membutuhkan modal yang lebih besar tentunya, yang sedikit bagi para pemuda jika sudah mendapati tahapan keuangan yang stabil.

tabungan emas pegadaian

Jika kalian ingin memulai berinvestasi namun masih belum memiliki modal yang cukup besar. Kalian bisa mencoba untuk menabung dalam bentuk emas.

Ya, emas sendiri memang bisa disebut sebagai investasi jangka panjang.

Emas sendiri merupakan komoditas yang kuantitasnya terbatas. Harganya stabil dan cenderung naik tiap tahunnya. Walau tidak sebesar saham dengan tinggi risikonya, nilai emas bisa lebih aman.

Apalagi di awal tahun 2020 ini, kita sudah dikejutkan dengan harga emas yang kian hari kian meninggi harganya.

Dibandingkan dengan menabung uang di bank, banyak yang beralih berinvestasi logam mulia. Yang mana nilai uang setiap tahunnya akan berkurang karena adanya inflasi.

Tabungan emas pegadaian merupakan sebuah produk yang dimiliki oleh pegadaian. Di mana pegadaian sendiri merupakan salah satu lembaga BUMN yang sudah terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jika lembaga sudah terdaftar di OJK, otomatis lembaganya akan diaudit keuangannya secara berkala hingga akan meminimalisasi penyelewengan dana.

Intinya sih, akan lebih aman di mata masyarakat jika ingin menitipkan uangnya di sana, karena pasti akan ada proses hukum jika ada penyelewengan.

Tidak hanya tabungan dalam bentuk emas saja, pihak pegadaian sebenarnya sudah lama untuk membuat layanan investasi dalam bentuk emas. Di antaranya :

Baca Juga:   Nasabah Bank Mandiri Wajib Pakai, Ini 5 Manfaat Internet Banking Mandiri!

Menabung Logam Mulia pada Tabungan Emas Pegadaian, Siapa Takut?

  1. Produk Mulia

Produk investasi emas yang dinamakan Mulia ini merupakan layanan penjualan emas batangan atau emas dalam bentuk fisik kepada masyarakat. Bisa dibeli secara tunai, angsuran, maupun kolektif yang biasa disebut dengan cara arisan logam mulia.

Prosesnya relatif mudah, dengan hanya menyertakan KTP dan pilih sesuai jangka waktu dan harga angsuran per bulan jika ingin membayar dengan cara mengangsur.

Oh ya, ini berlaku untuk pembelian secara perorangan ya. Dan kalian bisa memilih fisik emas mulai dari berat 1 gram hingga 1 kilogram.

  1. Mulia Kolektif

Atau pembelian secara arisan. Prosesnya sih hampir sama dengan nomor satu. Kalian akan dimintakan untuk menunjukkan KTP masing-masing sebagai syarat serta adanya kelompok minimal 6 orang dalam 1 grup.

Biasanya metode pengeluaran emas fisiknya akan mirip dengan proses arisan. Yakni adanya pengocokan nama per orangan, jika nama kalian yang muncul lebih dulu, kalian berhak untuk mendapatkan fisik emasnya lebih awal.

Eits, tapi tetep ya bayarannya sampai lunas, jangan sampai setelah emasnya di dapat lalu menghilang. Ini sih bikin repot satu grup, atau bisa-bisa nanti masuk penjara.

  1. Konsinyasi Emas

Artinya kita sudah memiliki fisik emas batangan, lalu kita menitipkannya pada pihak pegadaian untuk membantu menjualkan.

Nasabah akan merasa lebih aman karena barang atau emas fisik mereka disimpan di pegadaian. Nah, jika sudah laku, pihak pegadaian akan menghitung keuntungan yang didapatkan.

Keuntungannya akan dibagi dua antara nasabah dengan pegadaian. Biasanya yang paling banyak laku adalah LM yang bernilai 5 gram dan 10 gram.

Untuk skema keuntungannya bisa ditanyakan lebih lanjut pada pihak pegadaian ya.

  1. Tabungan Emas

Tabungan emas pegadaian memang bisa dibilang lebih baru dibandingkan dengan produk lain yang sudah sudah. Tabungan emas sendiri merupakan fasilitas titipan emas dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:   Beginilah Cara Lapor Pajak Online melalui e-Filing

tabungan emas pegadaian

Sangat cocok untuk kalian yang masih memiliki pendapatan tidak menentu. Karena jika dibandingkan dengan produk emas lainnya yang dibayar secara mencicil tentu akan lebih berat jika tidak punya pendapatan tetap per bulannya.

Untuk tabungan emas ini, kalian bisa beli berapapun. Jadi kalian hanya menabung seperti biasa dengan menggunakan rupiah, lalu nanti pihak pegadaian akan mengkonversikannya ke dalam gram emas sesuai harga pada hari itu.

Sebagai gambaran, sekarang ini, kamu bisa menabung sebesar 8000-an untuk 0.01 gram nya. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi sahabat pegadaian yang memungkinkan kalian dengan mudahnya cek saldo tabungan emas pegadaian di mana pun dan kapan pun.

Nah, kalo duit buat jajan somay coba dialihkan untuk nabung emas, dikit dikit bisa jadi bukit kan?

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More