Home Tips Trik Atur Pengembalian Produk untuk Toko Online Anda

Trik Atur Pengembalian Produk untuk Toko Online Anda

by Leah Hawkins

cara jualanUntuk memberi pelayanan yang memuaskan pada pelanggan toko online yang Anda miliki, memang sudah sepatutnya Anda memberikan berbagai macam fasilitas dan juga kemudahan karena fasilitas dan kemudahan saat melakukan transaksi online juga semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan pada toko kita. Salah satu fasilitas yang bisa Anda berikan dalam rangka untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan ialah memberikan fasilitas pengembalian produk. Jika sistem ini Anda kelola dengan baik, sistem ini malah bisa dijadikan sebagai ajang promosi.

Walaupun bisa dijadikan sebagai sebuah ajang melakukan promosi, namun Anda harus mengelola sistem pengembalian produk dengan tepat. Tips pertama cara mengelola sistem pengembalian produk ialah memberikan info pengembalian barang pada pelanggan dengan jelas. Hal ini merupakan kejadian yang sering terjadi di kebanyakan online shop. Online shop terlalu khawatir jika banyak pelanggan yang kurang puas dan mengembalikan produk yang sudah mereka beli, sehingga mereka menyembunyikan bagaimana alur pengembalian barang tersebut. Padahal, info pengembalian produk ini harus mudah di lihat oleh pelanggan, dengan cara ini kita juga akan lebih berhati-hati untuk mengirimkan barang. Seyogyanya, Anda memberikan cara pengembalian barang di halaman web Anda.

Kedua, jelaskan secara teknis cara mengembalikan barang. Prosedur yang harus di lalui pelanggan saat ingin mengembalikan barang juga harus Anda sampaikan melalui website Anda. Hindari berbelit-belit memberi informasi, jangan sampai Anda berbelit-belit dalam pengembalian barang. Beri instruksi secara sederhana seperti apa pengembalian barang di online shop Anda. Anda dapat menyajikan sejumlah rangkuman, contohnya pelanggan yang ingin melakukan pengembalian barang harus menghubungi CS dan memberikan foto keadaan barang yang ingin dikembalikan. Dengan memberikan tata cara untuk mengembalikan produk secara mendetail, Anda bisa meningkatkan kepercayaan konsumen toko online Anda.

Baca Juga:   Peluang Usaha Makanan dan Minuman Terkini 2016

Ketiga, tenggang waktu pengembalian produk yang lama. Walaupun dengan tenggang produk pengembalian barang yang lama akan meningkatkan kemungkinan semakin banyak produk yang akan kembali pada Anda, namun bila Anda yakin dengan produk yang Anda jual, kenapa harus takut? Dengan tenggang waktu pengembalian yang lebih lama, hal ini akan mempengaruhi sisi psikologis dari konsumen Anda. nantinya konsumen akan lebih nyaman ketika melakukan pembelian barang pertama dengan adanya sistem ini. terlebih jika tenggang waktu yang diberikan juga cukup lama.

Keempat, meminta testimoni positif dari pelanggan Anda. ketika proses pengembalian barang dari konsumen Anda ke online shop yang Anda kelola telah selesai, akan lebih menguntungkan jika Anda memberikan ucapan terima kasih dan sejumlah diskon yang membuat mereka merasa ingin kembali lagi ke toko Anda. apabila sudah sepekan masalah tersebut berakhir, Anda bisa meminta testimoni atau ulasan positif ke pelanggan Anda atau pelayanan online shop yang Anda miliki, apabila Anda berhasil menyelesaikan masalah kecil tersebut dengan baik dan pelanggan juga puas dengan pelayanan Anda, mereka tidak akan keberatan untuk memberikan ulasan positif.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang, lebih baik Anda membiasakan diri untuk memberi pelayanan yang prima pada konsumen Anda, entah mereka yang melakukan pembelian barang dalam jumlah yang besar, atau dalam jumlah yang kecil. Entah sekecil apa pelayanan yang Anda beri pada pelanggan namun pelayanan tersebut terkesan sangat baik untuk mereka, mereka pasti akan memberikan kesan positif pada toko online Anda. Jadi, mulai sekarang apakah Anda masih takut untuk memberikan fasilitas pengembalian barang bagi pelanggan?

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More