Month: December 2018

3 Tempat Beli Batagor Kuah Yang Enak

3 Tempat Beli Batagor Kuah Yang Enak

Batagor merupakan salah satu makanan khas Sunda berupa baso tahu yang digoreng, lalu disiram saus kacang. Batagor sendiri adalah makanan yang terpengaruh khazanah kuliner China yakni dim sum shumai. Namun kini tidak hanya tenggiri, cara membuat batagor bisa diganti dengan tuna, ikan kembung, dan udang untuk variasi rasa yang lainnya. Bagi beberapa orang yang memang memiliki alergi seafood tidak perlu bingung, cara membuat batagor juga bisa ditempuh tanpa menggunakan seafood dan tentu saja rasanya tidak kalah enak dengan yang memakai seafood, karena bumbu batagor sudah berbeda.

Nah, salah satu tempat beli batagor adalah pusatnya di Jakarta. Namun, jika Anda ingin tahu bagaiaman cara mebuatnya, maka dalam artikel ini akan kami sajikan tentang beberapa resep batagor kuah juga yang enak:

 

  • Batagor Cuplis

 

Batagor Cuplis ini rasanya enak parah. Kamu juga bisa milih antara Batagor Bumbu atau Batagor Kuah kalo makan di sini. Bisa ditambahin pake bakso dan otak-otak juga lho. Tekstur bakso buat Batagor nya pas banget, nggak terlalu keras, dan ikannya kerasa abis! Pst, buat yang suka siomay, kamu juga bisa nikmatin jajanan khas Bandung tersebut di restoran ini. Lokasi: Summarecon Mall Serpong, Lantai 2, Food Temptation, Jl. Boulevard Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang.

 

  • Batagor Jempol

 

Batagor Jempol itu rasanya jempolan banget. Tempatnya yang di Mangga Dua Square bikin tempat ini cocok banget buat kamu datengin kalau sudah capek shopping. Isinya lumayan bikin kenyang lho. Dan saus kacangnya bener-bener nagihin. Sempurna saat dikombinasikan dengan Batagornya. Lokasi: UGF, Mangga Dua Square , JL. Gunung Sahari Raya No. 01 , Pademangan, 10730 Jakarta Utara , DKI Jakarta.

 

  • BroTagor

 

Mau tahu batagor paling kekinian di Jakarta? BroTagor jawabannya! Jenis batagornya unik-unik, ada Batagor Keju, Batagor Ayam, Batagor Daging, dan Batagor Original. Yang isi keju sering sold out lho. Nggak heran, rasa kejunya emang nyandu abis. Apalagi kalau udah disiram sama bumbu kacang yang rasanya nampol banget dan ditambah spicy mayonnaise yang pedesnya sampai ke ubun-ubun. Lokasi: Jl. Pondok Kelapa Raya Blok D2 No. 11, Duren Sawit, Jakarta.

Kita di sini juga akan membahas tentang cara membuat batagor kuah yang enak. Marilah kita simak ulasannya:

Batagor Kuah Udang

Ini adalah juga makanan khas Bandung yang siap menjadi sajian menu utama Anda. Berikut cara membuat batagor udang lengkap dengan resep dan juga langkah-langkahnya.

Baha-Bahan

  1. Tahu putih 2 buah, potong menjadi 8 bagian
  2. Kulit pangsit 8 lembar
  3. Udang 200 g
  4. Air 150 ml
  5. Daun bawang 3 batang, cincang halus
  6. Garam 1 sdt
  7. Merica sdt
  8. Gula pasir 1 sdt
  9. Putih telur 2 butir
  10. Telur 2 butir
  11. Tepung sagu 100 g
  12. Tepung terigu 20 g

Cara Membuat

  1. Rebus udang dengan 150 ml. Rebus hingga udang matang. Ambil udang dari air. Biarkan air kaldu udang. Sisihkan.
  2. Cincang halus udang. Sisihkan.
  3. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  4. Campurkan udang yang sudah dicincang, daun bawang, garam, dan gula pasir. Campur dengan menggunakan tangan atau spatula hingga tercampur rata.
  5. Masukkan putih telur kemudian aduk.
  6. Tuang sedikit demi sedikit air kaldu udang sembari terus menguleni adonan.
  7. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sembari terus diaduk, kemudian masukkan tepung sagu. Aduk adonan hingga rata.
  8. Kukus tahu terlebih dahulu.
  9. Iris bagian tengah tahu atau kosongkan bagian tengah tahu agar bisa diisi dengan adonan.
  10. Masukkan adonan ke dalam tahu juga taruh adonan di tengah kulit pangsit. Tutup kulit pangsit. Sisihkan.
  11. Kocok 2 butir telur dan beri sedikit garam.
  12. Tahu dan kulit pangsit yang sudah diberi adonan kemudian masukkan ke dalam telur.
  13. Siapkan penggorengan. Goreng batagor dalam minyak panas dengan nyala api sedang.
  14. Goreng batagor hingga berwarna coklat keemasan atau matang.
  15. Sajikan batagor udang dengan saus kacang, kecap, sambal, dan air perasan jeruk nipis.

Macam – Macam Resep dan Olahan Pepes Tahu Kemangi

Beberapa diantara kalian sudah tentu sering mendengarkan cara membuat pepes ikan. Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai resep masakan pepes sendiri, seperti salah satunya adalah bumbu pepes ikan kembung. Tetapi apakah kalian pernah mencicipi pepes tahu kemangi? Mungkin nama makanan ini terdengar sedikit asing buat yang belum pernah mencicipinya, tetapi sebenarnya resep ini sangat terkenal sekali, terutama di daerah propinsi Jawa Barat. Selain bahan utamanya tahu, ada beberapa macam variasi resep ini yang bisa kita buat. Mari kita simak beberapa macam-macam resepnya:

 

1. Pepes Tahu Kemangi Ikan Kembung

 

Pepes tahu kemangi ikan kembung ini adalah salah satu resep makanan yang digemari khususnya di wilayah Jawa Barat. Ini juga bisa Anda buat di dapur Anda masing-masing, tinggal siapkan beberapa bahan dan mengetahui langkah-langkahnya:

Bahan-Bahan

  1. 3 buah Tahu kotak ukuran besar
  2. 5 buah cabe
  3. 4 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. Secukupnya royko
  6. 1/2 sdm garam
  7. Jempol lengkuas se ukuran
  8. Daun pisang tua
  9. Sesuai selera ikan kembung
  10. Secukupnya daun kemangi

Langkah-Langkah

  1. Siapkan daun dan lidi
  2. Cuci bersih tahu, lalu hancurkan tahu
  3. Siapkan bumbu: ulek kasar semua bumbu termasuk lengkuas. Lalu aduk rata ke tahu
  4. Lalu bungkus kecil2 ke daun pisang (dengan ukuran 5sdm / bungkus)
  5. Kukus / garang dengan api kecil. Jika kulit pisang sudah coklat bisa dimatikan apinya
  6. Kemudian siap disajikan

 

2. Pepes Tahu Kemangi Udang

 

Bosan hidangan tahu yang itu-itu saja? Buat saja, pepes tahu kemangi udang. Menu ini sangat cocok disajikan saat sarapan, karena di sana terdapat kandungan nutrisi yang bisa menjadi energi untuk memulai aktivitas.  Membuatnya pun praktis, jika Anda tertarik membuatnya, berikut resep pepes tahu udang.

Bahan-Bahan

  1. 200 gram udang
  2. 200 gram tahu
  3. 1 buah tomat
  4. 3 tangkai kemangi
  5. 9 buah cabai rawit merah utuh
  6. 1 butir telur
  7. 2 sendok makan santan kental instan
  8. 2 tangkai serai, ambil putihnya, potong 4 cm
  9. 3 lembar daun salam
  10. Daun pisang untuk membungkus
  11. 5 butir bawang merah
  12. 2 siung bawang putih
  13. 3 butir kemiri, memarkan, sangrai
  14. 1 cm jahe
  15. 2 cm kunyit, bakar
  16. 3/4 sdt garam
  17. 1/4 sdt gula pasir

Cara Membuat

  1. Lumuri udang dengan 1/2 sendok teh air jeruk lemon dan 1/4 sendok teh garam. Diamkan 10 menit. Campur udang, tahu, tomat, kemangi, cabai rawit merah, telur, santan dan bumbu halus.
  2. Aduk rata. Ambil daun pisang. Beri campuran udang. Selipkan satu potong serai dan satu potong daun salam. Bungkus dan semat dengan lidi.
  3. Kukus 30 menit di atas api sedang hingga matang.
  4. Pepes tahu dan udang siap disajikan.

 

3. Pepes Jamur Tiram Tahu Kemangi Pedas

 

Pepes tidak selalu berbahan ikan. Jamur tiram dan tahu juga dapat dimasak dengan menggunakan bumbu pepes yang menawarkan cita rasa khas tersebut. Apakah Anda ingin mencoba? Silakan simak penjelasan lengkap resep pepes jamur tiram tahu pedas enak berikut ini hingga tuntas supaya hasilnya memuaskan.

Bahan-Bahan

  1. 100 gram jamur tiram
  2. 300 gram tahu putih
  3. 50 mililiter santan instan
  4. 2 butir telur ayam
  5. 2 buah cabai merah keriting, iris tipis
  6. 4 buah cabai rawit, iris tipis
  7. 2 siung bawang putih
  8. 5 siung bawang merah
  9. 0,5 sendok teh ketumbar
  10. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya
  11. Daun pisang untuk membungkus
  12. Lidi untuk menyemat

Cara Memasak Pepes

  1. Masukkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam wadah, aduk sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan dan cabai, aduk sampai tercampur rata.
  3. Ambil secukupnya, letakkan pada selembar daun pisang, bungkus, semat dengan lidi sampai rapat.
  4. Susun di dalam panci pengukus yang sebelumnya sudah dipanaksan, kukus sampai matang (lebih kurang selama 40 menit), angkat.
  5. Pindah ke wadah saji, pepes jamur tiram tahu pedas enak sudah siap dinikmati.