4 Alasan Mengapa Pebisnis Harus Beralih ke Bisnis Online

Bisnis atau jual beli online merupakan bisnis yang dijalankan dengan mengandalkan media internet, di mana internet mengandalkan kecepatan dan mampu menjangkau tempat-tempat yang relatif jauh. Dengan internet, kegiatan yang berkaitan dengan bisnis, mulai dari marketing hingga proses transaksi, mengandalkan sambungan internet dengan media berupa situs atau berbagai media sosial yang ada di internet. Selain lebih cepat, berbisnis secara online akan lebih praktis. Apalagi, semakin banyaknya masyarakat yang melek internet membuat jangkauan promosi bisnis yang dilakukan secara online tersebut akan lebih luas. Oleh sebab itu, beralis ke bisnis internet merupakan pilihan yang paling masuk akal dan paling mudah bagi para pebisnis yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya. Berikut ini adalah 4 (empat) alasan mengapa pebisnis harus beralih ke bisnis online.

  1. Lebih Mudah

Berbagai situs internet merupakan media yang cukup mudah untuk dioperasikan. Tanpa harus mengikuti kursus atau pelatihan khusus, setiap orang akan bisa mengoperasikan internet dengan mudah, apalagi bagi pebisnis yang kesehariannya sangat akrab dengan ponsel pintar ketika melakukan transaksi dan interaksi bisnis. Maka beralih ke bisnis online sebenarnya akan sangat mudah dilakukan. Cukup dengan mendaftar di berbagai situs e-commercing, atau dengan membuat akun media sosial, membuat situs website, maka kegiatan bisnis di internet mulai bisa dilakukan.

  1. Lebih Praktis

Salain mudah, berbisnis di internet akan lebih praktis. Misalnya, dalam hal marketing. Jika bisnis pada umumnya akan menyebarkan poster, selebaran, atau bahkan iklan di berbagai media cetak agar produk atau jasa bisnisnya dikenal luas oleh masyarakat, berbisnis di internet akan lebih praktis. Informasi mengenai produk atau jasa bisnis bisa disebarkan dengan sangat mudah dan praktis, misalnya dengan mengupload foto produk-produk yang akan dijual

  1. Lebih Murah

Modal yang dikeluarkan pebisnis yang menjajaki usaha online akan lebih murah dibandingkan dengan menjalankan roda bisnis non-online. Dalam berbagai segi, menjalankan usaha online akan jauh lebih murah. Misalnya, di dunia usaha online, pebisnis tidak perlu mencetak poster atau selebaran promosi yang tentu memakan banyak beaya. Di internet, promosi bisa dilakukan dengan sangat murah, bahkan bisa gratis. Misalnya dengan menyebarkan gambar/ foto di berbagai situs penyedia iklan gratis, atau di media sosial.

  1. Jangkauan Lebih Luas

Internet dapat dijangkau oleh orang-orang yang tinggal di pelosok sekalipun, sejauh di tempat itu ada sinyal internet. Maka dengan menjalankan atau beralih ke bisnis online, jangkauan bisnis akan jauh lebih luas. Contohnya, jika promosi di dunia nyata dengan mengandalkan selebaran informasinya hanya akan ditangkap segelintir orang (sesuai dengan seberapa banyak selebaran/ poster itu dicetak), di internet dengan hanya cukup mengupload satu foto, orang yang menerima informasi tersebut bisa ribuan bahkan jutaan. Jangkauan internet yang sangat luas tersebut harus dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mengembangkan sayap bisnisnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *