4 Cara Bagi Penjual Agar Tetap Untung Meski Memberi Promo Harga

Dalam beberapa kali kesempatan setiap tahunya Anda akan menjumpai promo harga di berbagai tempat belanja, entah toko pakaian sampai restoran. Promo ini bisa hadir dalam berbagai bentuk, entah dengan adanya potongan harga secara langsung setiap kali produk dibeli konsumen. Bisa pula konsumen sebelum merasakan diskon perlu melakukan ‘usaha’ tertentu, misal belanja minimal sekian Rupiah, atau membeli dua buah baru ada diskon, dan sebagainya. Nah, tindakan ini diambil tentu dengan beragam tujuan selain mengosongkan gudang dari barang lawas.

Cara Penjual Tetap Untung Meski Promo

Juga sebagai sarana promosi untuk mendapatkan lebih banyak pembeli, sehingga omzet penjualan akan naik dalam tempo cepat padahal tidak ada promosi yang mengeluarkan biaya. Namun, kadang Anda penasaran bagaimana pihak penjual mendapatkan keuntungan? Berikut adalah beberapa jawabannya:

  • Melakukan manipulasi harga,

Kadang kala penjual sedikit melakukan kecurangan dengan menjual produk dengan harga yang sama, namun hanya membubuhkan kata ‘sale’ di tempat produk dipajang. Pernahkah Anda menjumpai kondisi ini? Bisa jadi belanja produk A saat sedang promo, ketika berkunjung ternyata harga produk A tidak berubah adalah promo sudah lewat.

  • Meningkatkan penjualan dengan biaya operasional yang tetap,

Beberapa bidang bisnis memang sering melirik biaya operasional yang dikeluarkan ketika membuka bisnis tersebut. Maka meski menghadirkan promo harga tetap bisa mendapat keuntungan ketika transaksi berjumlah 2membutuhkan biaya operasikan yang sama untuk transaksi berjumlah 200 orang. Daripada rugi, baiknya memberikan promo sehingga menjaga biaya operasional nilainya tetap namun pemasukan meningkat. Sebagai contoh adalah bisnis water boom, dimana biaya operasional saat sepi atau ramai sama saja maka tidak rugi memberi promo.

  • Menghentikan penumpukan modal di gudang,

Seorang pelaku bisnis tentu tidak hanya fokus melihat omzet penjualan, namun juga nilai modal yang berdiam di gudang. Menyediakan stock barang dagangan tentu berdampak pada kondisi modal yang stagnan, akan semakin parah jika produk yang menumpuk tidak kunjung laku. Maka dilakukan promo terhadap harga jualnya, bisa diturunkan atau penurunan harga dengan beberapa syarat. Ketika produk di gudang berkurang maka modal tertahan bisa dikurangi dan hilang sama sekali, maka bisnis pun diuntungkan.

  • Mendapat untung dari produk yang menjadi syarat promo,

Beberapa promo diberlakukan ketentuan, misal dengan nilai minimum belanja sehingga penjual memperoleh untung dari harga normal produk belanja tersebut. Selain itu bisa pula dengan promo membeli dua gratis satu, kalau penjual melakukan kalkulasi maka produk yang menjadi promo sudah laku dengan harga balik modal. Bisa pula mendapat untung ketika promo diberlakukan dengan transaksi minimal lalu belanja produk A dengan diskon sekian persen. Sistem promo harga memang beragam, dalam kondisi tertentu pihak penyedia promo tidak dirugikan sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *