4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Situs Online

carajualan.com-situs onlineInternet dapat dijadikan mesin pendulang uang atau lahan penghasilan. Salah satu cara untuk meraih uang dari internet adalah dengan membuat situs web atau website, di mana kita bisa menerima uang dari produk iklan yang menitipkan promosinya di website kita. Namun, tidak semua website mampu menghasilkan uang. Jika tidak dikelola dengan baik, website kita akan sepi pengunjung, bahkan banyak di antara website yang dibuat dengan penuh semangat justru menjadi vakum hanya beberapa bulan setelah dibuat. Untuk membuat situs online yang menghasilkan dan berpotensi dikunjungi banyak pembaca, berikut ini adalah hal-hal yang harus dipersiapkan.

  1. Tema

Setiap situs web yang ramai pengunjung pasti selalu memiliki tema. Tema merupakan gagasan pokok atau ide pikiran yang menjadi garis besar tentang segala hal yang akan kita bahas dalam situs online yang kita buat. Tema harus ditentukan di awal sebelum memutuskan membuat website. Dengan tema, kita akan memiliki pandangan tentang bagaimana tampilan web kita nantinya, tulisan-tulisan yang cocok dengan tema website kita, dan siapa saja orang-orang yang akan kita ajak terlibat mengelola website tersebut.

  1. Segmentasi Pembaca

Setelah menentukan tema, kita juga harus menentukan segmentasi pembaca. Membuat website yang sepi pembaca tentu merupakan sebuah kerugian dan hal yang sia-sia. Dengan menentukan segmentasi pembaca, kita akan mengetahui kecenderungan bahasan yang disukai oleh pembaca, bahkan mengetahui selera tulisan para pembaca yang potensial mengunjungi website kita. Misalnya website kita bertema traveling, maka kita harus menentukan segmentasi yang pas, yaitu orang-orang yang gemar traveling dan berwisata.

Baca juga: Ragam Situs Jual Beli Online Terpercaya

  1. Tulisan

Website tanpa tulisan sama saja dengan rumah kosong tanpa penghuni dan tanpa perabotan. Sebelum kita membuat sebuah website, kita harus sudah mempersiapkan banyak tulisan untuk diposting di website kita nantinya. Tulisan yang kita persiapkan harus sesuai dengan tema yang sudah kita tentukan. Minimal, kita harus mempersiapkan minimal 20 tulisan sebagai postingan awal agar website kita tidak kosong ketika sudah dirilis atau dilaunching. Selain 20 tulisan untuk postingan awal, kita juga harus mempersiapkan setidaknya 30 tulisan untuk diposting sebulan ke depan, dengan asumsi setiap hari satu postingan. Dengan mempersiapkan tulisan, maka kontinuitas postingan di website kita akan terjaga, dan pengunjung akan mendapatkan tulisan baru setiap harinya.

  1. Kru, Redaksi, atau Managemen

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, keberadaan kru, redaksi, atau managemen sebuah situs online juga wajib dipersiapkan. Merekalah yang nantinya akan mengelola situs yang kita buat, mulai dari menulis konten, melakukan promosi, hingga mengelola semua hal yang berkaitan dengan website tersebut. Jumlah kru atau redaksi sebenarnya bebas, bisa satu bahkan hingga belasan orang. Yang terpenting, semua kru tersebut memiliki tugas yang nyata, jangan sampai menganggur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *