4 Pilihan Ide Bisnis Mahasiswa yang Menarik

Mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis mahasiswa bisa dijadikan pilihan selama kuliah, sehingga punya uang jajan lebih. Beberapa mahasiswa memilih membuka bisnis karena memang berniat membantu orangtua mengurus biaya pendidikannya. Menjalankan bisnis selagi masih kuliah tentu sangat memungkinkan bahkan beberapa orang sudah melakukannya jauh sebelum internet dikenal luas seperti sekarang. Tentu manfaat yang diberikan sangat banyak karena bisa mandiri, berpenghasilan sendiri, kreatif, dan tentunya mengasah bakat dalam berbisnis supaya tidak gamang saat sulit mendapatkan pekerjaan usai wisuda nanti.

Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Berhubung masih sibuk kuliah dan butuh jam ekstra untuk belajar maupun menyelesaikan tugas dari dosen. Maka selektif perlu dilakukan dalam memilih bisnis sampingan mahasiswa ini jangan asal dijalankan khawatirnya malah kuliah keteteran. Beberapa ide bisnis berikut menjadi pilihan yang tepat dan menarik:

Baca juga: Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa

  • Bisnis jualan pulsa,

Pulsa menjadi ide bisnis yang menggiurkan untuk ditekuni kalangan mahasiswa, karena modalnya kecil dan mudah dikelola. Tinggal ditawarkan ke teman kuliah maupun dosen maka penghasilan bisa didapatkan untuk menambah uang jajan atau menambal biaya kuliah yang sempat tersendat.

  • Membangun sebuah lapak online,

Kalau memiliki selera fashion yang bagus maka jadikan sebagai modal untuk menjalankan bisnis mahasiswa berupa toko baju dan aksesoris online. Toko online menjadi bisnis yang juga ideal dijalankan mahasiswa karena bisa menjual berbagai jenis produk. Tata kelolanya tidak memforsir seluruh waktu dan tenaga karena terbilang sangat fleksibel. Banyak orang menjadikannya sampingan, tidak hanya mahasiswa namun ibu rumah tangga sampai karyawan kantoran. Soal modal dijamin mudah dipenuhi karena bisa dibuka tanpa modal sepeser pun.

  • Membuka jasa penerjemah dan penulis,

Bagus mahasiswa di jurusan sastra baik Indonesia maupun Inggris maka manfaatkan ilmu selama kuliah untuk menghasilkan uang. Caranya dengan menjadi penerjemah sebab sastra Inggris membuat mahasiswa di dalamnya fasih berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Menjadi penerjemah merupakan bisnis yang menjanjikan dan penghasilannya pun lumayan sekitar Rp 10-20 ribu per lembar naskah. Selain itu bisa juga menjadi penulis, entah penulis cerpen, novel, atau mungkin artikel online yang cocok dikerjakan selepas jam kuliah.

  • Menekuni bisnis guru privat,

Keinginan untuk bisa berpenghasilan meski sibuk kuliah membuat mahasiswa tersebut lebih kreatif. Kalau tidak ada modal dan keahlian yang bisa dijadikan bisnis, maka bisa mengandalkan tenaga dan pikiran dengan menjadi guru privat. Ketika mampu menjadikan anak didik lebih cerdas maka orangtuanya akan mempromosikan jasa Anda kepada orangtua lain. Besar kemungkinan uang jasa yang diterima lumayan, bahkan kabarnya kalangan elit memberi tarif ratusan ribu per jam bagi guru privat buah hatinya. Tertarik dengan bisnis mahasiswa ini? Jangan ragu untuk memulainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *