4 Strategi Jitu Menaikan Penjualan Toko Online

4 Strategi Jitu Menaikan Penjualan Toko Online

Perkembangan teknologi membuat cara berpikir orang lebih modern dan praktis melakukan segala kegiatan. Hal ini menjadi peluang bagi penjual untuk menjajakan barang dagangannya melalui jaringan internet yaitu toko online (online shop). Akan tetapi, banyak penjual kebingungan bagaimana cara menarik pelanggan agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Akibatnya banyak penjual memilih untuk berjualan secara kovensional (offline) ketimbang usaha berbasis gadget ini.

4 Strategi Jitu Menaikan Penjualan Toko Online

Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi kan? Oleh sebab itu, mari simak dengan baik beberapa strategi jitu dalam menaikan penjualan toko online?

  • Buatlah target minimal dan optimal

    hal yang harus anda lakukan diawal untuk meningkatkan kinerja yaitu dengan menetapkan target penjualan. Target penjualan digunakan seorang pengusaha untuk menaikan tingkat kedisiplinan dan kinerja dalam menerapkan strategi. Buatlah ekspektasi target diatas kemampuan anda secara signifikan. Hal ini dapat berpengaruh terhadap keuletan anda dalam berbisnis. Target ini di kelompokan menjadi 2 bentuk, yaitu :

  • Target minimal, sebuah target yang menentukan sesuatu pencapaian agar bisnis tetap berjalan. Target disini biasanya berupa omset atau berupa kuantitatif penjualan. Seperti kebutuhan operasional anda dalam sebulan membuatuhkan dana sebesar 5 juta. Hal itu harus menjadi target agar dibulan depan bisnis anda tidak memasuki masa krisis.
  • Target optimal, taget yang melebihi target minimal bisnis anda. Dalam menentukan target ini anda bisa menjadikan target minimal menjadi acuan. Target optimal harus masuk presentasi lebih dari 50 % dari target minimal.
  1. Promosi tertarget

    dalam menentukan promosi barang yang akan anda tawarkan kepada konsumen harus mengetahui sasaran pasar yang ingin anda tuju. Kenali terlebih dahulu produk anda dan kalangan mana yang menjadi  target pemasaran. Kemudian, cari suatu komunitas yang sesuai untuk menawarkan produk yang anda akan jual. Komunitas ini sangat mudah anda cari di media sosial yang menjadi pusat promosi bagi barang-barang toko online. Bergabunglah dengan salah satu grup komunitas yang sesuai dengan pangsa pasar andadan tawarkan produk yang anda jual. Misalnya anda menawarkan perlengkapan sepatu olahraga, maka anda harus masuk ke grup komunitas olahraga.

  2. Utamakan pelayanan bukan penjualan

    bisnis pada akhirnya pasti mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan resiko apapun. Namun, sebagai pembisnis online anda jangan melupakan pelayanan kepeda pelanggan dalam proses penjualan. Karena  bisnis yang baik adalah bisnis yang mengutamakan pelayanan. Terkadang kualitas produk bukan menjadi satu alasan buat pelanggan untuk tidak membeli produk yang anda tawarkan. Pelayanan yang ramah dan menyenangkan terkadang dapat memengaruhi keputusan mereka untuk membeli.

  3. Jelaskan secara detail manfaat dan keunggulan produk

    beberapa penjualan terkadang hanya menjelaskan secara singkat mengenai kondisi produk. Sebenarnya ada beberapa hal pentig yang harus anda kemukakan, yaitu berkaitan dengan apa sih manfaat dan keunggulan produk yang anda tawarkan dibandingkan dengan produk lainnya. Apalagi dalam melakukan bisnis online antara pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung. Produk yang anda tawarkan pun hanya berupa foto  dan sekripsi saja. Calon konsumen tidak bisa melihat, menyentuh dan mencoba produk anda. Oleh karena itu, penting bagi kalian para pembisnis online untuk dapat menjelaskan manfaat dan keunggulan produk anda agar pembeli dapat lebih mudah dalam menentukan produk apa yang sebenarnya yang mereka butuhkan.

Baca juga Mengapa Toko Online Anda Sepi? Bisa Jadi karena 4 Faktor Ini!

Berikut tadi  4 strategi jitu meningkatkan penjualan toko online yang semoga dapat menjadi inspirasi bagi pembisnis online. Meningkatkan suatu produk bukan semata ditentukan oleh seberapa luas pengetahuan anda terhadap bisnis yang anda tekuni. Akan tetapi, ditentukan oleh seberapa cepat dan tepat strategi yang anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *