5 Bisnis Tanpa Modal di Era Internet

Dahulu, bisnis tanpa modal alias bisnis bermodal dengkul, barangkali hanya lelucon belaka. Namun kini, sejak internet telah berkembang dengan begitu pesat, bisnis tanpa modal itu sangat mungkin untuk dilakukan.

Internet telah membuat semua itu menjadi mungkin. Misalnya, kini di era internet anda bisa berdagang barang. Meskipun barang itu belum anda bayar. Anda di sini berperan sebagai penyalur saja atau reseller dengan menunjukkan katalognya kepada calon pembeli.

Cara ini tentu tanpa modal. Modalnya hanya kemampuan menjual. Untuk lebih lengkapnya berikut ini kami hadirkan 5 bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan di era internet.

  • Jasa Endorse

Bisnis tanpa modal yang pertama adalah bisnis jasa endorse. Jasa endorse adalah bisnisyang dijalankan tanpa modal. Namun, sebenarnya ia juga membutuhkan modal yang tak sedikit. Bedanya, bukan dalam bentuk uang. Namun dalam bentuk jumlah pengikut dan rating kepopuleran. Inilah yang terpenting.

Jadi, yang diandalkan oleh bisnis jasa endorse adalah hal ini. Inilah yang utama dan pertama jika anda ingin menjalankan jasa endorse.

Sudah banyak contoh seseorang yang meraup rupiah hingga jutaan hanya dari jasa endorse. Tentu saja, itu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah memilki jumlah pengikut yang ribuan.

  • Jasa Penulisan Konten

Selanjutnya adalah jasa penulisan konten. Jasa ini juga merupakan bagian dari bisnis tanpa modal. Bagi anda yang memilki keahlian atau bakat menulis. Tentu bisa menjalankan bisnis ini.

Jasa konten adalah sebuah jasa yang mengharuskan anda membuat tulisan yang menarik. Tulisan yang berbentuk artikel atau pun feature, yang nantinya bakal menjadi pajangan di blog atau website klien kita.

Maka dari itu, bisnis jasa penulisan konten bisa dibilang cukup menggiurkan.

  • Jadi Dropshipper

Bisnis tanpa modal lainnya yang biasanya dijalankan oleh para pengguna internet adalah bisnis dropshipper. Ia ini adalah bisnis tanpa modal yang sudah sering dijalankan. Bisnis dropshipper adalah sejenis bisnis yang hampir sama dengan reseller. Bedanya, reseller harus membeli barang itu dahulu. Tapi, dropshipper berbeda. Hanya sebagai jembatan atau makelar saja.

  • Jasa Design Grafis

Jika anda memilki kemampuan menggambar dan bisa membuat design yang unik dengan aplikasi semacam photoshop, in design dan corel draw, anda harus menjajal bisnis jasa design grafis. Bisnis tanpa modal ini bisa menjadi lahan bisnis yang asik untuk dijalankan.

  • Jasa Buzzer

Bisnis tanpa modal lainnya adalah bisnis buzzer. Bisnis buzzer ini tentu saja mirip sekali dengan bisnis endorse. Namun, buzzer lebih mengarah pada sebuah promosi.

Bisnis buzzer ini, memilki nilai yang menarik. Karena untuk bidang politik misalnya, buzzer biasanya dibayar hingga puluhan juta. Tapi tentu saja anda harus memilki jaringan yang luas dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *