5 Cara Jualan Online Paling Efektif

bisnis online - cara jualan

Setiap hari ada jutaan orang yang mencari berbagai macam barang di Internet. Mayoritasnya adalah barang-barang yang baru bagi orang yang melakukan pencarian tersebut. Jika kita sudah memiliki website yang kita percaya, kita pasti akan mencari ke sana lebih dulu. Tapi jika tidak yakin, kita akan menggunakan mesin mencari. Agar kita mampu memenangi kompetisi, cara jualan online kita harus efektif.

 

Jadilah yang Pertama

Jika Anda tidak menjadi pertama dalam peringkat pencarian, dalam inbox seseorang, dan dalam merekomendasikan layanan A atau produk B, maka Anda akan kehilangan kesempatan besar untuk meningkatkan penjualan Anda. Jadi, menjadi yang pertama itu wajib hukumnya dalam cara jualan online yang efektif.

 

Datangi Pelanggan

Anda bisa mendatangi pelanggan lewat newsletter untuk mendapatkan sinyal ‘Oke’ dari pembaca / pelanggan / klien Anda untuk memulai percakapan di inbox email mereka. Jika mereka mendaftar untuk newsletter Anda, berarti mereka ingin mendapat kabar dari Anda. Setelah itu kirimlah pesan / email / pesan video langsung agar kontak terjalin lebih personal. Dengan cara jualan online ini, Anda akan lebih mudal menjual.

 

Jadilah Menarik

Pastikan situs Anda memiliki tampilan yang cukup menarik. Pastikan halaman penjualan Anda mudah dibaca, produk Anda terlihat keren, dan luangkan lebih banyak waktu untuk estetika visual. Memang ini bukan faktor penentu penjualan, tapi akan mengesankan produk Anda premium.

Baso dari produsen yang sama bisa dijual dengan harga jauh lebih mahal di hotel high-end daripada  di pasar tradisional. Jadi, website Anda mau kelas yang mana? Hotel high-end atau pasar tradisional?

 

Letakkan Produk Anda di Tangan Pelanggan

Ini berlaku untuk produk digital. Berikan secara cuma-cuma sebagian kecil dari produk Anda. Jangan keseluruhan e-book, atau keseluruhan koleksi komik digital, atau keseluruhan program / manual / panduan.

Perusahaan perangkat lunak melakukan ini dengan masa percobaan gratis dan model bisnis ‘freemium‘ (penggunaan dasar gratis tapi jika Anda ingin meningkatkan fiturnya akan dikenakan biaya).

Intinya, manusia pada umumnya lebih cenderung membeli ketika mereka bisa memegang fisik produk di tangannya. Ini juga berlaku di dunia digital.

 

Jalan Terakhir: Gunakan Simpati

Cara ini tidak direkomendasikan kecuali sebagai jalan terakhir. Jika produk Anda tidak terjual juga, bisa jadi itu karena produk Anda membosankan, buruk, tidak dibutuhkan, atau karena alasan lain sehingga orang tidak mau membeli. Jika demikian, Anda dapat menggunakan faktor simpati.

Satu-satunya masalah adalah penjualan karena simpati memutus rantai penjualan dan pelanggan. Dengan kata lain, setelah terjadi penjualan simpati (seseorang membeli karena mereka merasa kasihan kepada Anda), Anda tidak akan bisa menjual lagi kepada orang tersebut. Cara jualan online dengan memanfaatkan simpati hanya bisa digunakan satu kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *