5 Fakta Menarik Jual Beli Online, Wajib Tau Sebelum Terjun Ke Bisnis Ini!

5 Fakta Menarik Jual Beli Online, Wajib Tau Sebelum Terjun Ke Bisnis Ini!

Dengan adanya internet mungkin banyak yang sudah mengenal istilah jual beli online bukan, memasuki abad 21 lalu banyak sekali diantara pelaku usaha yang mulai berbondong-bondong menjajakan produk-produknya melalui dunia maya, seiring dengan perkembangan zaman memang kian banyak diantara masyarakat yang mengenal adanya internet, sehingga terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada penjualan barang maupun jasa berbasis online ini.

5 Fakta Menarik Jual Beli Online, Wajib Tau Sebelum Terjun Ke Bisnis Ini!

Berbicara mengenai bisnis online ini sendiri agaknya banyak diantara Anda yang sudah pernah mencobanya, mulai dari berjualan menggunakan sistem dropshipper ataupun biasa. Karena memang keuntungan yang diterima juga terbilang besar. Setidaknya juga ada beberapa fakta menarik yang harus Anda tau terkait dengan jual beli barang secara online ini, diantaranya adalah:

  1. 58% konsumen yang berbelanja secara online adalah dari kaum hawa atau perempuan, hal yang patut untuk diketahui nyatanya bukan hanya belanja secara langsung, melainkan untuk metode belanja online ini sendiri masih didominasi oleh kaum hawa. Sehingga tak heran jika seandainya kebanyakan stock barang yang ditawarkan di situs-situs online lebih kepada barang-barang khusus perempuan.
  2. Item fashion adalah produk yang paling laris dijual online, fakta lainnya yang juga harus diketahui terkait dengan penjualan online ini adalah kenyataan bahwa pakaian atau busana menjadi barang yang paling laris dijual. Bukan tanpa alasan, melainkan karena kebanyakan konsumennya kaum hawa dan yang pasti item fashion adalah produk yang paling aman pada proses pengirimannya.
  3. Transaksi yang paling sering terjadi ternyata lewat sosial media, fakta lainya meskipun ada cukup banyak market place, kemudian juga situs-situs e-commerce, namun masyarakat merasa jauh lebih nyaman berbelanja barang lewat jejaring sosial atau sosmed. Hal inilah yang kemudian membuat para pelaku usaha kemudian lebih membuka lapaknya melalui jejaring sosial ini dibandingkan dengan membeli domain website atau ikut market place.
  4. Metode pembayaran yang paling banyak digunakan adalah melalui SMS banking, sedangkan untuk sistem pembayaran dibandingkan dengan melalui transfer antar bank atau sejenisnya, maka konsumen merasa jauh lebih nyaman menggunakan SMS banking.
  5. Semakin lama ada semakin banyak market place baru yang didirikan dengan beragam spesifikasi atau ciri khas mereka, faktanya jika melihat semakin kesini juga ada kian banyak perusahaan market place yang berdiri, mulai dari yang basisnya untuk menjual item fashion saja, barang bekas, tiket perjalanan dan masih banyak diantaranya.

Baca juga: Tips Sukses Menjalankan Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Mengetahui beberapa fakta tersebut mungkin Anda tertarik memulai bisnis jual beli online, tak ada salahnya untuk mencoba. Apalagi dibandingkan dengan membuka bisnis atau usaha secara langsung, menjalankan bisnis online ini kenyataannya akan membuat Anda minim pengeluaran modal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *