5 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Ketika Promosi via Online

5 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Ketika Promosi via Online

Social Media memang sangat berguna untuk wadah promosi yang menarik dan unlimited. Bayangkan saja jika jutaan pengguna aktif di socmed tersebut melihat dan tertarik membeli produk yang kamu promosikan. Maka dari itu, sangat disayangkan jika socmed tidak digunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan penjualan.

5 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Ketika Promosi via Online

Nah… untuk para newbie di bidang pemasaran via digital, maka pelajarilah hal-hal yang dilarang dilakukan dalam promosi via online berikut ini. Meski terdengar sepele, namun hal-hal tersebut nyatanya juga berpengaruh dalam meminimalisir kesalahan. 5 hal tersebut adalah :

  • Tidak Memiliki Strategi

Kesalahan ini merupakan kesalahan paling fatal yang bisa dilakkan seorang digital marketing. Seorang yang bertugas mempromosikan penjualan via online namun tidka memiliki strategi sama sekali dalam bersosial media, maka itu sudah menjadi sebuah pertanda jika bisnisnya tidak akan sukses. Pasalnya peraturan dan juga perencanaan kalender bersosial media sangat penting. Bayangkan betapa jenuhnya para pengikut socmed kita jika isi postingan hanya berupa jualan dan tidak ada konten menariknya. Tapi terlalu sering memposting konten juga bisa berakibat buruk untuk produk. Maka dari itu, diperlukan rentang waktu dalam melakukan posting di socmed.

  • Membuat Akun di Semua Jejaring Sosial Tanpa Konten Menarik

Akun social media untuk para pebisnis online sudah lazim dibuat. Namun yang tidak disadari, pembeli bisa risih dan malas melihat jika konten yang disuguhkan tidak berkualitas. Maka dari itu, cari dan posting konten yang menarik dan relevan dengan produk yang kamu jual, bukan hanya update produk yang membosankan.

 

  • Membeli Followers

 

Memang godaan dari para akun penjual followers sangat menggiurkan. Bagaimana tidak? hanya dengan membeli, kamu bisa mendapat followers yang banyak dan seolah jualanmu diminati ribuan orang. Namun tahukah kamu hal ini sebenarnya malah merugikan bisnismu? Hal ini malah membiaskan segmentasi produkmu dan dapat membuat akun jualanmu kena suspend jika terazia pihak pengelola social media. Lebih baik biarkan followersmu tumbuh secara alami. Hal tersebut justru dapat menjadi salah satu alat untuk menyusun dan mengetahui strategi penjualan seperti apa yang baik untuk para pengikutmu.

Baca juga: 7 Manfaat Penting Promosi Online Dalam Bisnis

  • Hashtag Tidak Relevan

Biasanya orang beranggapan memberi hashtag yang banyak akan menambah jumlah pencarian ke produkmu. Namun jika hashtag yang kamu pakai itu tidak relevan, maka akan terasa aneh dan terganggu pengguna social media. Batasi saja penggunaan hashtag yang sesuai dengan kriteria produk jualanmu.

 

  • Slow Respond

 

Meskipun hanya ucapan terima kasih dan maaf, tapi kedua hal tersebut dapat membuat pelanggan merasa dihargai. Imbasnya mereka akan menilai produkmu dengan bijaksana dan menjauhkan hal-hal buruk seperti komentar negatif. Bayangkan jika ada seorang pelanggan menulis komentar buruk dan kamu terlambat mengetahuinya sementara banyak pelanggan lain sudah melihat dan terperanguh. Tentunya jualanmu bisa menurun. Namun berbeda halnya jika kamu cepat mengatasi hal tersebut melalui private chat. Biasanya dengan obrolan yang baik, pelanggan akan mengucapkan maaf atas komentarnya dan kamu juga akan mendapat apresiasi positif.

Demikianlah 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat promosi via online. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *