5 Jenis Bisnis Terkini Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus menjalankan bisnis bukanlah hal yang tidak mungkin. Sekarang terbuka peluang bisnis terkini yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga atau dikenal dengan istilah bisnis sampingan.

Bisnis sampingan bisa dijadikan alternatif bagi para karyawan yang ingin menambah penghasilan. Dengan adanya peluang menjalankan bisnis terkini, para ibu rumah tangga memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan sendiri dan menjadi pembisnis yang sukses.

  • Membuat Kerajinan

Berkreasi membuat kerajinan tangan bisa menjadi peluang usaha atau bisnis sampingan. Anda bisa mengerjakanya di waktu senggang. Ada banyak jenis-jenis kerajinan yang bisa dijadikan pilihan, seperti: membuat aksesoris, merangkai bunga, membuat tas dsb. Jika budget dana terbatas, bisa pilih jenis kerajinan yang bisa menggunakan bahan-bahan bekas. Walaupun bahannya dari barang bekas, jika diolah menjadi kerajinan yang unik, harga jualnya bisa tinggi.

  • Memberi Les Pelajaran

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki pengalaman pendidikan di perguruan tinggi, bisa memanfaatkan basic keilmuannya dengan memberi les kepada anak-anak sekolah, bisa tingkat SD, SMP atau SMA. Selain memberikan les privat, bisa juga membuka les mengaji.

  • Membuat Makanan

Bisnis yang satu ini tidak ada matinya dan selalu ramai. Bisnis jual makanan cocok untuk ibu rumah tangga, khususnya yang hobi masak. Anda bisa promosi makanan yang dijual kepada teman atau tetangga. Tempat berjualannya bisa memanfaatkan halaman depan rumah.

  • Bisnis Spa Rumahan

Membuka usaha Spa tidak harus di tempat yang mahal. Anda bisa memulai bisnis ini di rumah dengan mengandalkan tenaga sendiri atau karyawan. Awal menjalankan bisnis spa, Anda bisa menawarkan ke tetangga atau teman sebagai pelanggan pertama.

  • Menjalankan Bisnis online

Sekarang sudah banyak bisnis di internet yang bisa dilakukan ibu rumah tangga. Keistimewaan menjalankan bisnis ini, lebih fleksibel dan efisien. Pertama-tama pilih jenis bisnis yang akan Anda jalani dan pelajari terlebih dulu cara kerjanya. Misalnya: jika ingin menjadi dropship suatu produk, Anda bisa mencari toko online (supplier) yang membuka kerja sama.

Dari jenis-jenis bisnis yang sudah dibahas tersebut, semuanya tidak hanya bisa dilakukan di dunia nyata (bisnis konvensional), Anda bisa memanfaatkan internet sebagai tempat berjualan dan promosi. Dengan demikian, bisnis yang Anda kelola lebih banyak dikenal orang, artinya peluang mendapatkan konsumen lebih terbuka lebar.

Itulah beberapa jenis bisnis terkini untuk ibu rumah tangga. Menjadi ibu dan pembisnis bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Anda berpeluang mendapatkan sukses asalkan serius mengerjakannya. Namun yang lebih penting adalah tidak meninggalkan tugas dan kewajiban sebagai seorang ibu dan istri. Agar tidak kerepotan, Anda bisa pilih bisnis yang cocok dengan profesi sebagai ibu rumah tangga sehingga keduanya bisa berjalan sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *