5 Kesalahan Menjalankan Bisnis Kuliner yang Membuat Usaha Cepat Bangkrut

5 Kesalahan Menjalankan Bisnis Kuliner yang Membuat Usaha Cepat Bangkrut

Mengelola sebuah bisnis memang tak semudah yang dibayangkan, meskipun terkadang banyak orang-orang yang bisa sukses dengan menjalankan usaha sendiri, mengingat jika dilihat saat ini angka lapangan kerja senantiasa mengalami penurunan, ditambah dengan persaingan yang begitu ketat, sehingga tak bisa begitu saja dengan mudah masuk ke lapangan kerja. Sehingga beberapa orang memilih menjalankan sebuah bisnis, dari sekian banyak jenis bisnis yang ada, agaknya bisnis kuliner menjadi yang paling banyak dicoba oleh masyarakat.

 5 Kesalahan Menjalankan Bisnis Kuliner yang Membuat Usaha Cepat Bangkrut

Sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan karena setiap orang makan, sehingga segmen konsumennya juga banyak, hanya tinggal melihat varian apa saja menu yang ditawarkan. Namun apakah dengan melihat kenyataan semua orang makan lalu serta merta membuat usaha tersebut sudah pasti sukses? Kenyataannya tidak. Banyak orang yang justru mengalami kegagalan dalam menjalankan usaha ini, padahal usianya baru seumur jagung. 

Jika Anda tak menginginkan hal serupa, agaknya harus menghindari beberapa kesalahan bisnis kuliner berikut ini, diantaranya adalah: 

  1. Tidak melakukan riset pasar, pentingnya melakukan riset adalah untuk melihat seberapa banyak sebenarnya target Anda dalam menjual menu makanan tersebut, juga sangat berguna dalam melihat kompetitor yang ada, semakin banyak kompetitor maka akan membuat persaingan juga kian ketat.
  2. Tidak memiliki pengalaman dan juga pemahaman mengenai bisnis, kesalahan yang satu ini paling sering dilakukan oleh pelaku usaha pemula, artinya mereka memang hanya modal nekat dalam memulai bisnis, tanpa persiapan yang matang dan juga mengetahui management mengelola sebuah usaha.
  3. Tidak ada inovasi yang ditawarkan, artinya menu yang dijual ikut-ikutan dengan yang lain, hal ini sebenarnya hanya membuat Anda bunuh diri, karena jika variasi atau tawaran menu sama sudah pasti konsumen akan tetap memilih kompetitor dibandingkan dengan membeli makanan di rumah makan Anda.
  4. Lokasi bisnis yang kurang strategis, memang tak bisa dipungkiri jika seandainya bidang usaha kuliner ini amat sangat bergantung dengan yang namanya lokasi usaha. Semakin strategis lokasinya maka akan semakin mudah menarik perhatian konsumen, begitu juga sebaliknya.
  5. Kualitas makanan yang kurang nikmat, makanan adalah masalah rasa dan juga kebersihan, ketika Anda tidak bisa menjaga kualitasnya tersebut, secara otomatis tak akan ada yang mau makan disana. Sehingga memang sangat dibutuhkan skill memasak terlebih dahulu sebelum membuka bidang usaha ini, karena cita rasa sebenarnya adalah modal utama menarik perhatian konsumen.

 Baca juga artikel menarik lainnya di carajualan.com

Dengan menghindari 5 kesalahan tersebut, maka besar kemungkinan usaha yang Anda jalankan akan sukses, jangan lupakan promosi, karena ini adalah bagian terpenting dalam sebuah bisnis kuliner. Sekarang untuk metode promosi sendiri ada beragam caranya, termasuk dengan mengandalkan sosial media yang dimiliki secara gratis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *