Media Sosial yang Bagus untuk Jualan Online

5 Macam Media Sosial yang Bagus untuk Jualan Online

Di era serba digital, semua orang pasti menggunakan internet dalam mendukung aktivitasnya, entah itu sekolah, bekerja, atau berjualan. Salah satu kelebihan internet dalam mendukung proses berjualan online adalah adanya media sosial. Salah satu bentuk ajang promosi ini menjadi primadona para pelaku bisnis online lantaran kemudahan dan keefektifan hasilnya. Yang menjadi pertanyaan, media sosial mana sajakah yang bagus untuk ajang berjualan?

Media Sosial yang Bagus untuk Jualan Online
Media Sosial yang Bagus untuk Jualan Online

 

  • Facebook

 

Sudah bukan rahasia lagi jika pengguna facebook sangat banyak dan hampir dari semua kalangan. Tua, muda, pengangguran, hingga pekerja professional ada disana. Inilah yang menjadikan facebook sebagai ladang rejeki yang melimpah bagi pelaku bisnis jualan online. Salah satu fitur Facebook yang biasa dipakai untuk promosi adalah fanpage. Disana kita dapat membuat halaman yang berisikan produk jualan dengan mengundang mereka-mereka yang ingin kita targetkan sebagai pembeli. Namun syaratnya kalian harus punya akun Facebook. Fitur Ads juga sering digunakan lantaran menyediakan iklan yang berkaitan dengan produk kita. Facebook juga menyediakan track record penjualan kita sehingga kita dapat melihat keadaan toko, apakah laris atau tidak.

 

  • Instagram

 

Instagram juga sering dipakai oleh para pelaku bisnis online lantaran fiturnya yang menarik. Media sosial yang mengedepankan fitur gambar dan video ini sangat efektif untuk berpromosi. Apalagi jika dibarengi dengan fitur hashtag maupun mengubah akun menjadi profil bisnis. Dijamin dalam beberapa saat, postingan kita akan disukai dan dicari para calon pembeli.

 

  • Twitter

 

Sebelum instagram hits di Indonesia, ada pesaing ketat facebook yakni Twitter. Keduanya memperebutkan pangsa pengguna media sosial dengan segala tawaran keunggulannya. Meski pengguna bisnisnya tidak sebanyak Facebook, namun Twitter masih efektif untuk berpromosi.

 

  • YouTube

 

Meski Youtube dikenal sebagai media yang mengedepankan video dan segala aktivitas di dalamnya, namun nyatanya tidak jarang pelaku bisnis berpromosi disana. Biasanya mereka akan membuat video-video kreatif yang berisikan produk dan informasi toko untuk memudahkan pembeli. Apalagi semenjak trennya vlog, pengguna internet kini lebih suka menonton promo produk melalui video daripada hanya sekedar membaca ulasan saja.

 

  • Pinterest

 

Pinterets merupakan media sosial yang hampir mirip seperti Instagram, yakni mengedepankan visual. Sayangnya Pinterest tidak begitu dikenal di kalangan masyarakat awam di Indonesia, hanya pengguna-pengguna kalangan tertentu saja. Pinterest berisikan  foto yang diambil dari banyak sumber yang bisa dibilang seperti etalase toko. Biasanya para pebisnis online di Pinterest mengoptimalkan produknya dengan mendesain foto produk semenarik dan seprofesional mungkin. Semakin menarik foto, sudah pasti semakin besar pula peminatnya.

Demikianlah ulasan mengenai 5 macam media sosial yang bagus untuk berjualan online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *