Alasan Terbesar Bisnis Online Anda Tidak Menghasilkan Uang

carajualan.com-bisnis onlineHari ini, 3 miliar orang mengakses Internet setiap hari, dan jumlah itu terus bertambah 8 persen per tahun. Tentunya ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk mempromosikan bisnis online dan jasa yang Anda tawarkan.

Namun, kesempatan yang sangat besar ini tidak membuat bisnis online mudah dijalankan. Banyak sekali bisnis yang tidak menghasilkan uang. Memang tidak ada angka pasti, tapi coba Anda berbicara dengan salah seorang wirausahawan online yang Anda kenal dan tanyakan apakah bisnisnya sudah menghasilkan uang. Kemungkinan besar ia akan menjawab belum/tidak.

Dan alasan terbesar mengapa kebanyakan bisnis online tidak menghasilkan uang adalah konsep sederhana dari bisnis sebelum hadirnya Internet: Produk/jasa yang Anda tawarkan harus praktis, dan orang-orang harus bisa memahami bagaimana produk/jasa tersebut bisa bermanfaat bagi mereka.

  • Praktis dan mudah dipahami

Dunia internet marketing telah menciptakan gaya bahasa baru yang mencampurkan antara gaya lama konsep pengembangan kepribadian dengan gaya baru pemasaran. Gaya bahasa ini menciptakan frase gebrakan yang sangat sering kita dengar sehingga terasa normal.

Namun, kebanyakan wirausahawan tidak mengenali permasalahan ini: gaya bahasa baru tersebut hanya dipahami oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia internet marketing. Mereka lupa untuk menjelaskannya secara gamblang.

Kita sering sekali mendengar ungkapan-ungkapan seperti “Memiliki pola pikir yang kuat,” “Temukan tujuan Anda,” “Langkahkan kaki pada tujuan Anda” atau “Jalani hidup yang Anda inginkan.” Mungkin ungkapan-ungkapan ini mungkin terdengar jelas dan memotivasi, namun sebenarnya tidak. Jika Anda mencoba menelaahnya lebih dalam, ungkapan-ungkapan tersebut sangat membingungkan.

Baca juga: Tips Aman Jual Beli Online

Istilah-istilah ini sebenarnya terlalu umum dan terlalu samar. Anda tidak mungkin bisa mengajari orang untuk mewujudkan tujuan-tujuan di atas karena ungkapan-ungkapan di atas akan dimaknai berbeda-beda oleh setiap orang yang mendengarnya.

Orang-orang tidak akan membelanjakan uangnya pada produk dan jasa yang tidak mereka pahami. Ketika mereka mengunjungi halaman website atau media sosial Anda, jika mereka tidak bisa dengan mudah memahami apa yang Anda tawarkan di sana, mereka tidak akan membelanjakan uangnya. Jika mereka tidak memahami manfaat nyata yang akan mereka dapatkan ketika mereka membeli apa yang Anda jual, mereka tidak akan membelanjakan uangnya.

  • Siapa target pemasaran Anda?

Jika Anda tidak tahu bagaimana menjelaskan produk/jasa Anda secara praktis, tanyakan pada diri sendiri ‘Siapa yang Anda coba bantu?’ dan ‘Bantuan apa yang akan Anda berikan?’. Ini bukan berarti Anda harus menentukan “niche” karena “niche” tidak akan bekerja sampai Anda bisa menerapkan kepraktisan.

Bila Anda telah menemukan jawabannya, Anda dapat membuat bisnis online Anda praktis sehingga produk/jasa yang Anda tawarkan akan menjadi jelas yang akhirnya akan mengalirkan pundi-pundi uang ke dalam dompet Anda. Orang-orang akan membeli produk/jasa Anda karena mereka akhirnya bisa memahami bagaimana mereka akan dibantu.

Jangan terjebak dalam permainan internet marketing. Jangan bingung membuat frase gebrakan. Bantu saja orang-orang memahami dengan mudah apa yang Anda lakukan dan mereka akan rela mengeluarkan uangnya untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *