Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Jika Anda Ingin Mendapatkan Keuntungan Saat Berinvestasi

Banyak orang memilih investasi saham untuk meraup keuntungan besar. Pasalnya saham dinilai salah satu bentuk investasi yang cukup menjanjikan dengan balik modal yang cepat. Tak salah memang mengingat betapa cepatnya perputaran uang di pasar saham. Layaknya valuta asing yang dapat naik dan turun dalam hitungan detik, saham pun mengalami hal demikian. Dengan modal yang tak terlalu besar, pemain saham bisa meraup untung berkali-kali lipat.

Perhitungan serta strategi yang pintar membuat semuanya mungkin didapatkan. Sayangnya banyak pula pemain saham yang gagal dalam berinvestasi, bahkan sampai terkait tindak kriminal. Beberapa diantaranya menjadi buronan polisi karena kesalahan dalam perhitungan. Hal inilah yang harusnya jadi bahan pertimbangan Anda, agar tak mengalami hal yang sama. Untuk menghindari kerugian besar saat bermain saham, ada baiknya Anda memperhatikan hal berikut:

  • Modal kembali

Keuntungan per tahun menjadi perhitungan mendasar untuk menghitung berapa modal kembali yang Anda dapatkan. Setiap perusahaan atau usaha tentu memiliki perhitungan yang berbeda-beda. Masa pengembaliannya pun tak sama, namun biasanya pengembalian hasil dapat diperoleh dalam jangka waktu setahun. Saat memulai berinvestasi, sebaiknya lakukan survey ringan sebelum memilih usaha mana yang akan dipilih. Pastikan usaha tersebut memberikan pengembalian hasil tertinggi daripada jenis investasi yang lain.

  • Modal

Prinsip dasar investasi dan usaha adalah modal kecil dengan untung besar. Selalu tanamkan prinsip tersebut sebelum memilih jenis investasi dan usaha. Anda perlu pula mempertimbangkan keterlibatan pribadi pada investasi. Sebab beberapa investasi menuntut Anda turun langsung memantau jalannya usaha. Namun adapula investasi yang tak membutuhkan Anda berada di lapangan, sehingga memungkinkan Anda melakukan aktivitas dan usaha lainnya. Pilihan kedua menjadi pilihan paling tepat, karena Anda bisa menghasilkan pendapatan lain untuk ditabung.

  • Resiko

Setiap hal tentu memiliki resikonya masing-masing, termasuk berinvestasi. Banyak orang percaya modal besar akan mendapat pengembalian hasil yang besar pula. Alasan inilah yang melatarbelakangi beberapa orang sengaja mengeluarkan modal besar untuk usahanya. Tapi Anda tak perlu terburu-buru untuk mengikutinya, sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Perhitungkan pula faktor resiko di kemudian hari, seperti kerugian, kebangkrutan, ataupun rasa jenuh akan investasi tersebut.

  • Waktu pengembalian

Memahami jangka waktu pengembalian investasi penting bagi para investor. Anda bisa mengetahui kapan modal Anda dapat ditarik. Poin ini sangat berkaitan erat dengan tujuan Anda berinvestasi, apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Bagi sebagian orang jangka waktu pengembalian tak menjadi masalah, kapanpun modal tersebut akan mereka dapatkan. Semakin panjang waktu investasi, semakin aman keuangan mereka di masa depan. Sebab keuntungan tersebut akan menjadi tabungan, dana pensiun, atau deposito yang bisa diklaim di masa tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *