Beberapa Jenis Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Membangun usaha skala rumah tangga merupakan salah satu pilihan paling realistis untuk mendapat penghasilan di tengah ketatnya persaingan melamar pekerjaan. Selain karena faktor sulitnya melamar pekerjaan, bisnis skala rumahan terus tumbuh sebab banyak ibu-ibu rumah tangga atau anak muda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Dengan mengandalkan berbagai keahlian yang mereka miliki, bisnis kecil skala rumahan pun akhirnya digagas. Namun tidak semua orang yang memiliki keahlian bisa mewujudkan niatnya untuk membangun bisnis rumahan sebab terkendala oleh keberadaan modal. Modal memang menjadi kendala terbesar dalam membangun bisnis skala rumah tangga. Namun sebenarnya, banyak jenis usaha rumahan yang hanya memerlukan beaya atau modal yang sedikit atau bahkan nyaris tidak mengeluarkan modal sama sekali. Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis skala rumah tangga dengan modal kecil.

  • Dropship atau Reseller Toko Online

Bagi Anda pengguna internet aktif dan ingin mendapatkan penghasilan dari internet, jenis bisnis yang bisa dijadikan pilihan adalah dengan penjadi dropship atau reseller toko online. Terdapat perbedaan mendasar antara dropship dan reseller. Jika menjadi dropship, Anda cukup menjadi agen dengan menjalin kerja sama dengan produsen produk-produk tertentu. Anda bertugas mencari konsumen sebanyak-banyaknya dengan mempromosikan produk tersebut secara online. Jika ada orang yang tertarik membeli, Anda cukup menjadi penghubung antara konsumen dengan produsen tersebut. Dari setiap item produk yang terjual, Anda akan mendapatkan komisi.

Sementara jika menjadi reseller atau penjual ulang, Anda harus menyediakan stopk barang yang dibeli dari toko-toko lain dengan harga diskon. Misalnya Anda ingin menjadi reseller produk pakaian, maka Anda harus memiliki stok pakaian yang sudah Anda beli dari dengan harga diskon. Keuntungan yang Anda peroleh adalah dari diskon tersebut, sebab barang itu nantinya akan Anda jual dengan harga normal.

  • Jasa Katering

Bagi ibu-ibu rumah tangga, memasak barangkali sudah menjadi rutinitas. Sebagian besar ibu rumah tangga mungkin memiliki keahlian memasak di atas rata-rata. Keahlian tersebut akan sangat sayang jika tidak dikembangkan. Keahlian memasak bisa dijadikan jalan untuk memperoleh penghasilan tambahan, yaitu dengan membuat jasa katering skala rumahan. Membuat usaha katering merupakan jenis bisnis rumahan yang sangat memungkinkan. Ibu rumah tangga biasanye memiliki peralatan masak yang lengkap, sehingga modal yang dikeluarkan untuk membeli peralatan masak bisa diminimalisir. Sementara untuk modal membeli bahan-bahan membuat makanan, bisa menggunakan uang DP (uang muka) yang diberikan oleh pemesan, sehingga modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Selain jenis-jenis bisnis rumahan sebagaimana disebut di atas, masih banyak lagi bisnis skala rumah tangga dengan modal yang relatif kecil, seperti agen pembayaran listrik dan telpon, bisnis aksesoris fashion terbaru, dan lain-lain. Apapun jenis bisnis yang dijalankan, faktor terpenting yang akan membuat bisnis tersebut bisa sukses adalah faktor inovasi. Dengan memberikan inovasi baru, konsumen akan tertarik terhadap bisnis yang Anda jalankan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *