Beberapa Situs Kerja Online Penulis Lepas

carajualan.com-kerja onlineJika Anda kerja online sebagai seorang penulis lepas, mencari job yang berkualitas dan memberi bayaran yang bagus bisa membuat Anda frustrasi. Harus mulai dari mana? Apakah job yang Anda cari di sebuah situs bisa dipercaya?

Mari kita dengar kabar buruknya dulu: Internet dipenuhi orang-orang yang hanya mau membayar murah untuk waktu dan keterampilan yang Anda miliki. Kabar baiknya: kami siap membantu Anda mengatasi kabar buruk tersebut dan menemukan situs-situs kerja online yang benar-benar layak untuk waktu yang Anda korbankan dan keterampilan yang Anda miliki. Baik Anda seorang copywriter, editor, creative writer atau penulis apa pun, situs-situs di bawah ini menawarkan job menulis lepas dengan bayaran dan reputasi yang bagus yang sangat Anda inginkan.

Sudah cukup? Di saat beberapa situs kerja online mengenakan biaya bulanan untuk mengakses daftar pekerjaan yang mereka miliki, semua situs di bawah ini tidak mengenakan biaya apa pun alias gratis.

  • BloggingPro Job Board (http://www.bloggingpro.com/)

Seperti namanya, situs ini merupakan surganya para blogger. Baik Anda senang menulis tentang kesehatan dan kebugaran, hewan peliharaan, menulis kode atau topik apa pun, Anda akan menemukan banyak klien yang mencari penulis blog berpengalaman. Selain itu, situs ini juga menyediakan job copywriting.

  • Journalism Jobs (http://www.journalismjobs.com/)

Seperti yang bisa Anda tebak, sebagian besar job yang tersedia di sini sangat cocok untuk mereka yang tertarik dengan dunia jurnalisme. Walaupun demikian, Anda tidak harus seperti Lois Lane untuk menemukan job di sini. Situs kerja online ini juga menyediakan job untuk editor, copywriting iklan dan job-job lainnya. Sebagian pekerjaan harus dikerjakan di kantor, namun sebagian lagi bisa dilakukan dari jarak jauh.

Baca juga: Prinsip Kerja Online dan Beberapa Situs Pemberi Kerja Online

  • LinkedIn Jobs (http://www.linkedin.com/job/)

Jika Anda sudah punya profil di LinkedIn (dan Anda sebaiknya harus punya), jangan dibiarkan begitu saja. Networking sangat penting dalam dunia freelance, dan LinkedIn merupakan tempat yang sangat tepat untuk membuat jejaring berdasarkan kesamaan minat dan profesi.

Sambil melakukan networking, periksalah bagian Jobs dan mendaftarlah untuk mendapatkan email pemberitahuan saat job yang dipajang sesuai dengan minat Anda. Memang kebanyakan job berbasis lokasi alias harus ngantor, tapi siapa bilang Anda tidak bisa membujuk klien ini dengan proposal jasa menulis lepas? Bisa saja mereka sedang membutuhkan seseorang untuk mengisi kekosongan selama belum mendapatkan karyawan, atau mungkin sebenarnya job itu bisa dengan mudah dikerjakan dari jarak jauh tapi belum terpikirkan oleh mereka.

Tip pro: Anda tahu pemberitahuan “people who’ve recently viewed your profile” yang Anda lihat saat Anda masuk ke LinkedIn? Jika Anda tidak mengenali beberapa orang di antaranya, mengapa tidak mencoba menghubungi mereka dan katakan “Saya lihat Anda sudah melihat profil saya. Apakah ada suatu cara agar kita bisa saling membantu?” Tidak ada salahnya mencoba, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *