Belajar Bisnis a la Ippho Santosa

Belajar bisnis itu bisa dilakukan dimana saja. Di bangku kuliah, di ruang seminar atau bahkan langsung di tempat bisnis itu dilakukan. Namun, dalam proses belajar bisnis, orang-orang sudah terlebih dulu menyerah karena berbagai macam faktor. Biasanya, tersebab teori-teori yang diajarkan dalam proses belajar bisnis itu terkesan nampak sulit untuk diwujudkan. Padahal, cara untuk belajar bisnis sebenarnya tak melulu teori, tapi juga melakukan praktek. Salah seorang motivator bisnis ternama, memberikan beberapa tips jitu tentang proses belajar bisnis. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan tips-tips tersebut.

  • Tentukan tujuan

Yang pertama, tentu saja tujuan. Seorang pembisnis pemula haruslah terlebih dahulu membuat tujuan. Sebab, tujuan inilah yang nantinya bakal menggerakkan seorang pelaku bisnis. Geraknya bakal dilandasi oleh tujuannya. Dan akhirnya, maka bisnis itu akan terarah dengan baik. Menurut Ippho Santosa, tujuan haruslah dibuat terlebih dahulu. Karena ini adalah fondasi awal dalam menjalankan bisnis. Modal dan pekerja, misalnya. Bisa ditaruh belakangan. Yang penting adalah tujuan terlebih dahulu.

Filosofi bisnis anda adalah utama. Misalnya saja Microsoft, Bill Gates jauh haris sebelum perusahaan ini terbentuk, maka ia bermimpi membayangkan bahwa software Microsoft semua terpasang di komputer di setiap rumah. Dan benar, Microsoft menjadikannya jadi nyata. Dari sini kita tahu bahwa, tujuan itu sangatlah penting.

  • Mencari Keunggulan

Keunggulan juga harus digali dan dicari. Ini adalah item penting yang membuat bisnis kita bisa bersaing dengan yang lain. Karena, kita tahu bahwa persaingan bisnis di internet ini sangat ketat. Jadi, dalam proses belajar bisnis, kita juga harus belajar mencari keunggulan produk kita. Ini penting karena nantinya itu bakal menjadi senjata ampuh untuk mengalahkan pembisnis lain. Tanpa ini, tentu saja sama saja dengan bertarung tanpa senjata.

  • Promosi Kreatif

Di era internet, promosi bisa dilakukan dengan leluasa dan murah. Hanya berbekal akun sosial media saja, kita sudah bisa membuat promosi besar-besaran. Namun, kita juga harus kreatif. Ini penting. Misalnya saja, membuat promosi dengan memberikan hadiah kepada mereka yang mau berfoto selfie dengan produk kita.

Ini bisa menjadi strategi jitu agar produk kita mudah dikenal. Dengan cara-cara kreatif kita bisa membuatnya jadi menarik.

  • Pantang menyerah

Dan, tips terakhir, anda harus memiliki mental baja. Barangkali ini adalah pesan klasik yang sering dikatakan orang: jangan pernah mudah menyerah. Pantang menyerah adalah kunci sukses dari proses belajar bisnis. Jika anda, dalam proses belajar bisnis begitu mudah menyerah, maka proses belajar bisnis anda akan sia-sia. Anda hanya akan menuai kerugian belaka. Jadi, buatlah mental anda serupa besi baja.

Ippho mengingatkan bahwa banyak pelaku bisnis yang memiliki mental pantang menyerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *