Belajar bisnis Bersama Jaya Setiabudi

Belajar bisnis tentu saja bisa dilakukan dimana saja. Tak melulu harus dilakukan dalam ruang sekolah atau kuliah. Belajar bisnis, bahkan mungkin bisa dilakukan di pasar. Namun, kita tentu tidak bisa belajar bisnis dari orang yang tak berkompeten. Maksudnya ialah orang-orang yang bahkan tak pernah mencicipi proses menjalankan bisnis. Kita mesti belajar bisnis dari orang yang sudah malang melintang di dunia bisnis. Semua itu, bisa anda dapatkan dari sosok Jaya Setiabudi. Seorang mentor bisnis yang sudah kenyang dengan berbagai macam pengalaman bisnis. Dari menjadi kaya setelah menjalankan bisnis dan menerima keuntungan yang melimpah, namun juga hingga merugi dan menanggung hutang uang miliaran. Kita bisa belajar bisnis langsung dari orang seperti Jaya Setiabudi.

Setidaknya, inilah beberapa poin yang harus dijalankan oleh pebisnis pemula yang ingin belajar bisnis.

  • Hitung Untungnya

Pertama-tama, menurut Jaya Setiabudi, yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis adalah menghitung keuntungan bisnis. Ini adalah yang pertama dan utama. Namun, jangan salah mengira. Jangan mengira bahwa menghitung untung itu mengawang-ngawang dan ingin enaknya saja.

Yang dimaksud menghitung untung adalah menghitung kalkulasi budget dan peramalan prospek bisnis itu. Agar semuanya menjadi terukur dan bila mengalami kerugian, anda tak terlalu parah.

  • Ciptakan Kondisi Kepepet

Langkah kedua, adalah untuk selalu menciptakan suasana kepepet. Suasana itu harus diciptakan agar kita selalu semangat menghadapi berbagai macam hambatan bisnis. Dengan kondisi kepepet, biasanya orang akan menghasilkan solusi-solusi kreatif yang mampu menyelesaikan masalah.

Dalam kondisi kepepet pula, orang akan menganggap target bukan saja rencana yang harus diwujudkan, namun juga adalah kebutuhan.

  • Mulai dari ATM

Bila semua kondisi itu sudah tercipta, langkah selanjutnya adalah mempraktikkan teknik ATM alias Amati Tiru Modifikasi. Ini adalah cara untuk menciptakan produk berbeda yang bisa bersaing dengan produk lainnya yang lebih dulu laris.

Dengan teknik ini, kita bisa menambal kekurangan produk itu dengan berbagai macam kreatifitas. Maka, hasilnya anda akan menghadirkan produk dengan kualitas yang jauh lebih baik.

  • Pakai Dongkrak

Pakai dongkrak. Maksudnya pakai dongkrak adalah memakai segenap upaya untuk meningkatkan marjin bisnis kita. Inilah faktor-faktor yang akan mengembangkan bisnis kita. Biasanya, bentuknya adalah uang dan jaringan. Semua itu akan menjadi jalan untuk akselerasi bisnis kita.

  • Ngeyel dengan Strategi

Langkah terakhir adalah jangan pernah putus asa. Jadilah orang yang ngeyel dengan strategi, atau orang yang selalu berusaha untuk terus menerus percaya dengan segala dan upaya. Dengan mental seperti ini, maka niscaya bisnis anda takkan mudah gugur di tengah jalan. Karena, sesungguhnya mental bisnis adalah yang membedakan seorang pebisnis dengan orang biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *