Belajar Bisnis Dari Rhenald Khasali

Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Diperlukan upaya khusus dan kerja keras yang tak main-main. Namun, intinya dalam proses belajar bisnis adalah keseriusan dan ketelatenan. Kita harus mau menimba ilmu dari siapa pun. Karena belajar bisnis adalah belajar praktek.

Namun, yang tak bisa diabaikan juga adalah mempelajari konsep konsep bisnis. Anda tidak bisa belajar bisnis langsung praktek tanpa tahu konsep yang jelas. Oleh karena itu, berikut ini kami hadirkan beberapa konsep untuk belajar bisnis dari pakarnya. Dari  Rhenald Khasali. Seorang guru bisnis yang sudah sohor di kenal di kalangan para penggiat bisnis. Silahkan anda simak.

  • Membuat konsep pembeda

Untuk pertama-tama, yang harus dilakukan oleh orang yang ingin belajar bisnis adalah membuat ide. Ide ini nantinya akan diolah menjadi konsep. Konsep yang bakal menjadi panduan dalam membentuk sebuah bisnis. Namun, yang penting yang harus diingat adalah bahwa konsep itu harus unik. Harus berbeda dengan yang lainnya. Nantinya, kosep itu akan menjadi identitas tersendiri. Yang mana pada akhirnya akan menjadi penarik minat para konsumen anda.  

  • Membuat kreasi bisnis

Inilah adalah zaman dimana teknologi informasi berkembang sangat pesat. Menjalankan bisnis dengan alur yang konvensional saja tentu bukan pilihan tepat. Karena, anda akan mudah tergusur oleh banyak pesaing dengan kesegaran ide ide yang menarik. Jika ide yang anda keluarkan usang, alhasil bisnis anda akan sepi dari peminat. Maka, oleh karenanya, anda harus selalu mampu menciptakan berbagai macam kreasi. Gunakanlah kreasi anda semaksimal mungkin.

  • Peka terhadap perubahan

Perubahan di era teknologi informasi itu sangat cepat. Secepat jarum detik jam. Barangkali, dulu, lesatan sebuah trend bisnis bisa berlangsung lama. Dalam jangka tahunan mungkin. Namun kini, trend berubah bahkan dalam hitungan hari. Mungkin hari ini adalah musin trend A. Besok, tak ada yang menjamin bahwa B lah yang jadi trend.

  • Kuat dalam arus krisis

Tantangan terberat dalam era digital juga adalah krisis. Inilah resikonya. Anda harus sebisa mungkin kuat dalam menghadapi berbagai macam masalah yang menerpa. Jangan langsung kalah, saat anda tersapu dalam arus krisis. Cobalah untuk berusaha bertahan dan mencari jalan keluar krisis tersebut.

  • Mengambil solusi yang out of the box

Nah, untuk menghadapi berbagai macam krisis tersebut. Anda harus mengambil jalan keluar yang tidak biasa. Jalan keluar seperti ini dikenal sebagai jalan di luar kotak. Atau istilah bekennya adalah out of the box. Karena, biasanya jika betah dengan cara tradisi lama, hal itu tak punya dampak yang signifikan. Solusi yang out of the box, dampaknya jauh lebih dahsyat.

Berikut tadi adalah cara belajar bisnis dari guru bisnis Rhenald Khasali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *