Bingung Apa itu COD? Berikut 4 Fakta Mengenai COD yang Ada di Indonesia

Bingung Apa itu COD? Berikut 4 Fakta Mengenai COD yang Ada di Indonesia

Salah satu hal yang digunakan oleh beberapa toko online yang paling popular adalah meayani pembeli tanpa harus bingung menggunakan kartu kredit atau rekening bank adalah dengan menawarkan Cash On Delivery. Kemudahan tersebut dapat dilihat dalam cara pemesanan, pelanggan hanya perlu memilih salah satu produk yang ingin dibeli, memasukan alamat, lalu membayar kektika barang tersebut datang ke depan pintu rumah. Pada umumnya, pembeli akan mengambil keuntungan dari COD dan merugikan pihak perusahaan. Karena terkadang ada saja pembeli yang membatalkan pemesanan setelah produk tiba di hadapan mereka. Oleh karena itu, untuk memperjelas fakta-fakta yang ada di indonesia. Berikut 5 Fakta menarik mengenai sistem transaksi Cash On  delivery yang ada di indonesia :

Bingung Apa itu COD? Berikut 4 Fakta Mengenai COD yang Ada di Indonesia

  1. Pembeli Indonesia, salah satu toko online mengumpulkan semua data transaksi mengenai pembayaran yang di lakukan menggunakan transfer bank, COD dan Kartu kredit. Untuk perolehan presentasi tertinggi dapat dilihat dari tingkat pembayaran melalui transfer bank berkisar sebesar setengah transaksi toko online yang dapat presentasekan sebesar 50 persen. Lain hal nya dengan penggunaan COD yang memiliki angka presentasenya mencapai 40 persen dan tidak ketinggalan pembayaran menggunakan kartu kredit sebesar 10 persen. Hal ini menggambarkan bahwa kebutuhan akan COD di indonesia sangat meningkat.
  2. Pengembalian Barang, salah satu hal yang sangat di khawatirkan oleh setiap perusahaan online adalah ketika pembeli mengembalikan barang. Hal ini karena ketika pembeli belum menyerahkan uangnya, maka transaksi belum dapat dikatakan terjadi. Namun, kejadian ini masih memiliki presentase yang kecil dari total transaksi pengantaran barang ke konsumen. Meskipun begitu, dapat diprediksikan akan semakin meningkat jika pembeli hanya sekedar ingin melihat secara langsung tanpa ingin membelinya.
  3. Pengembalian butuk jarang terjadi, melihat dari sistem yang digunakan oleh salah satu toko online yang berada di indonesia adalah mereka menggunakan beberapa persyaratan ketika pelanggan ingin mengembalikan barang yang mereka  telah terima yaitu barang yang diantarkan sama dengan yang dipesan, barangnya masih baru (belum kotor alias bersih dan lengkap dengan label merek dankotaknya), dan barangnya tidak rusak. Ketiga hal itu yang harus dipenuhi oleh setiap pelanggan jika ingin mengembalikan barangnya. Namun, tetap saja ada pembeli yang mencoba untuk menghiraukan imbauan itu.
  4. Semakin dewasa pasar, melihat berkembangnya pemikiran pasar akan berakibat dalam perubahan pola pikir pasar yang lebih dewasa maka orang semakin mungkin untuk memanfaatkan sistem ini dengan hanya memesan barang tanpa membelinya atau hanya sekedar ingin tahu bentuk asli dari produknya. Melihat dari beberapa Negara maju, dapat dikatakan memiliki presentase pasar yang sangar tinggi di bandingkan di indonesia. Terkadang toko online disana memberikan jaminan selama satu tahun kepada konsumen.

Baca juga Mengulas Beberapa Tips Agar Terhindar dari Penipuan Online

Demikian tadi 4 fakta menarik mengenai COD yang ada di indonesia. Semoga bermanfaat dan memberikan referensi dalam menambah pengetahuan tentang dunia usaha online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *