Bisnis Baru yang Sedang Berkembang di Kota Besar

Kehidupan masyarakat yang tinggal di kota-kota besar tentu berbeda dengan kehidupan masyarakat di kota kecil. Kesibukan di kota besar lebih terasa, dan persaingan antar pekerja atau antar sesama penghuni kota cukup ketat dan bahkan tidak jarang terjadi saling sikut antar sesama penghuni kota. Kehidupan kota sangat keras dan menuntut masyarakatnya untuk bertindak serba cepat membuat kebutuhan masyarakat kota akan layanan jasa berbeda dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan. Di kota-kota besar di Indonesia, belakangan ini muncul trend bisnis baru yang sedang berkembang, yang mungkin terdengar konyol bagi sebagian masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan atau kota kecil. Berikut ini akan dibahas mengenai bisnis jasa yang berkembang pesat di kota-kota besar di Indonesia, khususnya Jakarta.

Baca juga: Ragam Bisnis Baru 2017

Jasa Pengiriman Makanan

Di berbagai kota besar di Indonesia, belakangan ini banyak bermunculan jasa kurir mengantar barang dalam waktu kilat, yaitu barang yang dikirim melalui kurir bisa sampai ke alamat tujuan pada hari itu juga, bahkan hanya dalam hitungan jam. Salah satu tawaran jasa kurir yang cukup diminati di kota besar adalah jasa pengiriman makanan. Memanfaatkan orang-orang yang terlalu sibuk bekerja atau terlalu malas untuk keluar rumah/ kantor pada waktu jam makan siang, bisnis jasa pengiriman makanan memiliki pelanggan yang cukup besar. Ada banyak orang yang lebih memilih membeli makanan di luar dibandingkan dengan mengkonsumsi masakan sendiri, dan ada banyak orang/ pekerja kantoran yang malas keluar kantor pada jam makan siang sehingga mereka mengandalkan jasa kurir untuk membelikan makanan.

Laundry dan Dry Cleaning

Banyak orang Indonesia yang tinggal di kota besar terlalu sibuk untuk menangani cucian pakaian mereka sendiri. Mereka lebih cenderung mengandalkan layanan jasa laundry atay drya cleaning untuk menyelesaikan urusan tersebut. Untuk memulai bisnis laundry, Anda cukup menyiapkan satu mesin cuci, pengering, hingga perangkat setrika. Bisnis baru ini bisa dimulai dari skala kecil dan dilakukan sendiri di rumah. Untuk kota besar, bisnis ini akan lebih menarik jika ditambah dengan layanan antar jemput. Banyak sekali para pekerja sibuk yang bahkan tidak sempat mengantarkan pakaian kotor mereka ke tempat laundry, juga tidak sempat mengambil cucian yang sudah jadi.

Bisnis Transportasi

Beberapa tahun terakhir, pebisnis transportasi yang sudah lama malang melintang di bisnis tersebut dikejutkan dengan perubahan yang drastis dalam bisnis transportasi, yaitu dengan munculnya banyak bisnis baru berupa layanan jasa transportasi berbasis online. Transportasi yang mengandalkan metode konvensional seakan tenggelam dan ditinggalkan penumpangnya. Hal inilah yang harus dijadikan pelajaran oleh para pebisnis, bahwa dengan metode dan strategi yang tepat, pasar bisa direbut. Jika belakangan sudah banyak transportasi online dengan daya tampung rendah (seperti ojek dan taksi), mungkin perlu dipikirkan untuk menawarkan jasa transportasi online dengan daya tampung yang lebih banyak. Kebutuhan masyarakat akan transportasi umum yang memadai masih cukup besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *