Bisnis Internet

Publik kini semakin mengenal bisnis internet dengan adanya Hari Belanja Online Nasional yang baru saja di lewati. Dengan tagar #Harbolnas2016, masyarakat kini bisa menikmati keuntungan berbelanja online dengan diskon besar-besaran. Berbagai macam produk yang ditawarkan pun sungguh menggoda para konsumen yang mencari produk berkualitas dengan harga yang bersaing. Memang, di penghujung tahun begitu banyak penawaran produk dengan harga promo atau diskon yang sepertinya tidak masuk akal, karena di penghujung tahun seperti ini banyak stok barang yang belum terjual sehingga para penjual akan berusaha menjual produk yang mereka miliki karena pada awal tahun sudah akan ada lagi produk baru yang akan dijual. Sehingga menjadi wajar jika promo dan diskon yang diadakan pada Hari Belanja Online Nasional menjadi salah satu media yang digunakan oleh para vendor untuk menjual produk-produknya. Begitu pula dengan bisnis internet, begitu banyak yang menawarkan produknya untuk di jual dengan harga promo akhir tahun. Waktu yang cocok untuk membeli barang-barang yang sudah lama diinginkan dengan harga miring sehingga tidak terlalu mempengaruhi dompet pembeli dengan budget terbatas.

Prinsip penjualan yang di usung oleh para pebisnis online kurang lebih sama dengan sistem penjualan secara konvensional, namun di beberapa bidang memang memiliki perbedaan yang begitu mencolok seperti cara pembayaran dan proses jual beli yang tidak bertatapan langsung. Bagi sebagian masyarakat, cara ini masih belum bisa diterima dengan terbuka karena ketidakyakinan dalam kondisi produk yang tidak bisa di teliti terlebih dahulu. Bagi penjual yang licik, cara ini merupakan ladang untuk memperoleh keuntungan besar dengan modal sedikit, kualitas barang yang kurang baik dijual dengan harga tinggi. Bagi pembeli yang mengalami hal seperti ini, yang bisa mereka lakukan adalah melaporkan penjual yang licik tersebut dan tidak kembali membeli pada individu yang sama serta menyiarkan kepada publik bahwa penjual tersebut tidak layak di jadikan tempat untuk berbelanja melalui testimoni yang bisa disampaikan melalui media online. Hal ini pun berpengaruh kepada penjual yang benar-benar menjual produk berkualitas namun terbawa imbas dari mosi tidak percaya sebagian masyarakat yang mengalami kejadian naas tersebut. Oleh sebab itu, teliti sebelum membeli yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah membaca testimoni atau review yang ditulis oleh pembeli terdahulu atau melaui rekomendasi dari orang yang dipercaya agar tidak terulang kembali penipuan yang akan merugikan pembeli.

Baca juga: Tips Promosi Online Agar Dilirik Calon Pembeli

Beberapa hal yang bisa diperhatikan oleh pembeli adalah kredibilitas dari penjual yang menawarkan produk, apakah bisa dipercaya atau tidak. Jika penjual menawarkan sistem  pembelian Cash On Delivery (COD) tentu akan lebih meyakinkan karena pembeli akan mendpatkan kesempatan melihat dan meneliti terlebih dahulu produk yang akan dibelinya. Namun tidak semua penjual menawarkan sistem ini. Begitu pula dengan sistem pembayaran yang biasa di gunakan dalam bisnis internet adalah pembayaran menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Bagi mereka yang tidak memiliki keduanya, tentu akan mengalami kesulitan dalam membeli produk secara online. Opsi lain pembayaran yang secara online adalah menggunakan PayPal, yang juga memerlukan informasi kartu kredit atau kartu debit pembeli. Dengan PayPal, pembayaran akan jauh lebih mudah karena sistem pembayaran ini diterima secara internasional, sehingga pembeli bisa membeli barang yang bahkan tidak dijual didalam negeri.

Walau bagaimana pun juga, pembelian secara konvensional akan jauh lebih mudah di percaya karena barang yang ditawarkan bisa langsung di bawa pulang setelah proses jual-beli. Secara online, akan ada masa pengiriman barang yang bervariasi hingga sampai di tangan pembeli. Maka bijaksana dalam membeli akan sangat disarankan ketika membeli produk dari sebuah usaha bisnis internet. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *