Bisnis Online Dalam 8 Langkah

carajualan.com-bisnis onlineBerbagai produk kini bisa di jual secara online karena bisnis online sudah diterima dengan baik oleh masyarakat di negeri ini. Dengan modal memiliki koneksi ke jaringan internet dan dengan sarana telepon selular atau notebook sederhana pun sudah cukup untuk bisa menjalankan bisnis online. Namun apa itu sudah cukup untuk memulai bisnis online dalam 8 langkah?. Menjalankan sebuah bisnis online tentu memerlukan pengetahuan lebih dari sekedar kemampuan menjual dan memutarkan distribusi produk yang ditawarkan. Apa saja yang perlu di siapkan sebelum rekan-rekan memulai bisnis tersebut? Menurut John P. Kotter dalam bukunya Leading Change, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen bisnis yang bisa dijadikan acuan dalam menentukan arah bisnis seperti yang rekan-rekan inginkan. Hal ini bisa di terapkan dalam rencana bisnis online yang sedang rekan-rekan kerjakan.

  • Membuat suatu kesepahaman tentang perlunya urgensi dalam bisnis

Sebelum memulai suatu bisnis, perlunya ada kesepahaman dalam kepentingan mendasar yang akan di gunakan mendasari konsep bisnis yang akan dikerjakan. Dengan persepsi yang sama maka akan memudahkan dalam meramu strategi dan langkah-langkah dalam menjalankan rencana bisnis online rekan-rekan.

  • Membuat koalisi

Koalisi yang terdiri dari individu yang kompeten dan bisa dipercaya dalam menjalankan urgensi yang telah di ramu diatas dan menerjemahkannya dalam visi dan strategi yang bisa dilaksanakan dalam tahapan yang jelas dan bertanggungjawab. Setiap individu bertanggung jawab atas ide dan perkataannya yang bisa digunakan dalam membangun dan mengembangkan bisnis online tersebut menuju suatu target yang

  • Membangun visi dan mengatur strategi

Kumpulan beberapa individu yang telah berhasil di kumpulkan akan bersatu untuk merumuskan visi dan mengatur strategi yang diperlukan untuk memulai bisnis dengan efektif dan efisien. Di sini kemampuan dalam berkomunikasi sangat penting karena tidak semua individu dapat memahami perkataan dan makna dengan cara yang sama. Maka dalam membentuk visi, penentuan individu dan menyamakan opini dan persepsi sangat menentukan langkah selanjutnya.

  • Mengkomunikasikan perubahan terhadap visi

Dengan semua media yang ada, terus mengkomunikasikan perubahan-perubahan yang ada dalam menjalankan visi dan strategi selama masa sebelum memulai bisnis maupun ketika sudah berjalan. Dengan demikian, kesalahpahaman akan dengan mudah dihindari. Dengan menghindari kesalahapahaman yang sepele akan menghemat waktu dan energi yang tidak perlu.

  • Menguatkan aksi

Menghilangkan segala penghalang yang bisa menahan laju bisnis dengan menggunakan cara yang tidak biasa. Selama tujuan tercapai maka cara tersebut bisa dibilang berhasil. Terkadang merubah sistem dan struktur merupakan langkah yang tepat untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi demi mencapai tujuan.

  • Menciptakan target jangka pendek

Target jangka pendek seperti ‘kemenangan kecil’ yang perlu untuk menjaga moral koalisi. Dengan memenangkan target tersebut, tentu semangat akan tetap terjaga dan bisa menjadi bahan bakar untuk tetap melangkah demi ‘tujuan besar’.

  • Konsolidasi pencapaian terhadap perubahan yang terjadi

Perubahan pasti terus terjadi dan melakukan perubahan terhadap mereka yang sudah tidak satu pandangan merupakan hal yang wajar. Dengan bekerjasama dengan individu yang bisa berkomitmen dengan apa yang di katakannya maka akan lebih mudah karena tidak perlu mengulang kembali perjanjian yang telah dibicarakan di awal.

  • Memusatkan pendekatan-pendekatan pada budaya kerja

Untuk memperoleh pencapaian yang maksimal, perlu diadakan perubahan-perubahan dalam sistem maupun struktur. Dan hal ini pun didukung dengan orientasi keja yang terpusat pada produktifitas dan konsumen. Dengan fokus kerja pada dua hal tersebut, maka hal-hal selain itu hanya akan menjadi penghalang dari tujuan bisnis online yang sedang dikerjakan.

Dengan mengacu pada beberapa hal di atas, diharapkan rekan-rekan bisa menjadi lebih perhatian terhadap hal-hal kecil yang bisa mengubah arah bisnis dan target penjualan yang sedang di rencanakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *