Bisnis Rumahan Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga yang mengasuh anak dan menjalani berbagai rutinitas di dalam rumah merupakan pekerjaan yang mulia. Tradisi ketimuran yang lebih membebankan suami untuk bekerja sementara si isteri mengurus keperluan rumah merupakan pembagian peran yang lumrah dan umum dijalani oleh sebagian besar keluarga di Indonesia. Namun, menggantungkan semua kebutuhan yang terkait dengan keuangan atau penghasilan kepada suami seringkali membuat isteri atau ibu rumah tangga merasa bosan melakukan rutinitas yang sama setiap hari, dan terbersit keinginan untuk melakukan rutinitas tambahan yang lebih menghasilkan uang sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, misalnya dengan mendirikan bisnis rumahan.

Cara termudah yang ditempuh oleh para ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan adalah dengan cara berbisnis skala kecil yang dilakukan di rumah sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Bisnis katering, misalnya, sudah menjadi bisnis yang umum digeluti oleh ibu rumah tangga. Namun sebenarnya, ada beberapa bidang bisnis rumahan lainnya yang sebenarnya cukup menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa bidang bisnis menguntungkan yang bisa dikerjakan di rumah.

baca juga: Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan Dengan Menggunakan Toko Online

  1. Menulis Review di Internet

Saat ini, data mencatat bahwa jumlah ibu rumah tangga yang merupakan tamatan strata sarjana atau di atasnya semakin meningkat. Semakin banyak ibu rumah tangga terpelajar, namun lebih memilih tidak bekerja di luar rumah demi mengurus rumah tangga. Bagi ibu rumah tangga terpelajar, khususnya yang terbiasa menggunakan internet, banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan, misalnya dengan menulis review di internet. Banyak sekali situs online yang menerima kiriman artikel dari penulis lepas, dengan imbalan atau honor yang lumayan untuk tambahan memenuhi kebutuhan rumah tangga. Adapun produk yang bisa direview misalnya adalah produk kecantikan, peralatan rumah tangga yang bermerk, bahkan Anda bisa juga menulis review tentang popok bayi. Selain menguntungkan, tulisan Anda akan bermanfaat bagi ibu-ibu yang lainnya.

  1. Berbagi Tips di Internet

Tidak hanya menulis review, menulis tips di internet dan dikirimkan ke situs tertentu yang menerima kiriman dari pembaca dan memberikan honor bagi penulis, jumlahnya sangat banyak. Tulislah berbagai tips rumah tangga, misalnya tips merawat bayi, tips menasihati anak, tips berhubungan dengan suami, bahkan bisa pula menulis berbagai tips dan resep memasak.

  1. Membuat Souvenir Handmade

Jika Anda memiliki keahlian dalam hal kerajinan tangan, pekerjaan rumahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat souvenir unik hasil handmade atau buatan tangan. Saat ini, banyak sekali toko yang menjual bahan-bahan instan untuk membuat kerajinan. Buatlah souvenir unik yang tutorialnya bisa Anda lihat di internet, khususnya youtube. Jangan bingung souvenir itu akan dijual di mana, sebab Anda bisa menjualnya secara online.

Itulah beberapa bisnis rumahan yang bisa dicoba para ibu rumah tangga. Jangan sia-siakan bakat dan kemampuan yang Anda miliki hanya dengan diam di rumah dan lebih menghabiskan waktu untuk menonton televisi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *