Bisnis Tanpa Modal Besar untuk Ibu Rumah Tangga di Pedesaan

Kebutuhan rumah tangga yang semakin meningkat jika tidak diimbangi dengan pendapatan suami yang naik tentu akan menjadi sebuah masalah. Maka dari itu sebagai seorang istri harus pintar-pintar mengatur keuangan. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang akhirnya mencari peluang bisnis tanpa modal besar demi mencari pendapatan tambahan untuk kelancaran keuangan keluarga. Selain tugas utama sebagai ibu rumah tangga jalan, bisnis yang menghasilkan pun bisa lancar. Disamping meringankan beban suami hal itu juga akan berpengaruh pada kelancaran pemenuhan kebutuhan setiap anggota keluarga.

Apalagi bagi yang masih berada didaerah-daerah pedesaan, akan lebih mudah untuk menciptakan sebuah bisnis karena belum banyak persaingan. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang berada di pedesaan memanfaatkan hal tersebut. Berikut ini beberapa contoh usaha atau bisnis kecil yang bisa dilakukan ibu rumah tangga di pedesaan antara lain:

Baca juga: Tips Bisnis Tanpa Modal dengan Cara Dropship

  • Toko sembako.

Peluang pertama yang bisa dilihat yaitu dari pemenuhan kebutuhan masyarakat yang selalu harus menempuh jarak jauh untuk mendapatkannya. Nah, dari situ bisa digunakan sebagai ide untuk membuat sebuah toko sembako yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok. Secara otomatis akan lebih mudah mendapatkan konsumen karena barang yang disediakan merupakan kebutuhan pokok setiap hari dan disitu baru ada beberapa toko serupa.

  • Counter pulsa.

Tidak berbeda dengan kebutuhan pokok masyarakat, untuk sekarang ini pulsa juga masuk dalam kebutuhan pokok hampir setiap orang. Karena tentu sangat jarang didaerah pedesaan yang mengambil peluang bisnis macam ini. Makanya dengan begitu bisa dimanfaatkan untuk mencari tambahan penghasilan karena ini merupakan salah satu jenis bisnis tanpa modal besar yang mudah untuk dilakukan.

  • Berbagai macam minuman.

Bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu dengan berjualan berbagai jenis minuman baik jus ataupun lainnya. Seperti halnya hanya berjualan air, salah satu bisnis ini sangat menguntungkan dan mudah dilakukan ibu rumah tangga karena tidak perlu untuk mempunyai modal yang besar. Hanya butuh beberapa bahan dan perlengkapan dengan harga yang cukup murah, Anda bisa langsung untuk menjalankan.

  • Potong rambut.

Di pedesaan mungkin masih sangat jarang adanya sebuah salon padahal semuanya juga paham tidak mungkin rambut tidak tumbuh setiap harinya. Maka dari itu kebutuhan akan jasa pemotong rambut tentu akan selalu dibutuhkan baik di desa maupun di perkotaan. Hanya cukup beberapa alat sederhana untuk memotong rambut Anda sudah bisa melakukannya.

  • Jualan makanan ringan.

Dari pedesaan biasanya masih banyak sekali penghasilan ladang maupun sawah yang berpotensi untuk dapat diolah menjadi salah satu makanan atau cemilan. Nah, hal tersebut merupakan salah satu jenis bisnis tanpa modal besar yang bisa dijalankan. Hanya butuh keterampilan mengolah bahan-bahan secara sederhana Anda sudah bisa untuk menawarkan dan menjualnya kepada para tetangga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *