Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Dikerjakan Secara Sampingan

Bisnis Tanpa ModalAnda mungkin bertanya-tanya, ‘apakah ada bisnis tanpa modal?’ Bagi mereka yang belum pernah terjun langsung ke dunia usaha, sekilas hal ini mungkin sulit untuk dipercaya. Namun, pada zaman sekarang hampir semua yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin dengan adanya perubahan dan kemajuan teknologi, peluang-peluang usaha baru bisa diciptakan.

Mari kita simak peluang-peluang usaha apa saja yang bisa dikerjakan sebagai bisnis tanpa modal  oleh berbagai lapisan masyarakat, seperti pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau bahkan karyawan.

Menjadi Dropshipper

Dropship ini kurang lebih sama sama seperti reseller, hanya saja kita tak perlu melakukan stok barang. Tugas kita hanya berkonsentrasi pada promosi serta malayani pembeli saja. Kita bisa promosi melalui toko online dan media-media sosial seperti Facebook, Twitter, BBM, dan Instagram. Ketika ada pembeli, Anda tinggal menerima transferan uang dari pembeli, kemudian membeli produk dari vendor Anda dan memintanya untuk mengirimkannya kepada pembeli atas nama Anda. Anda akan menerima keuntungan dari selisih harga beli produk dari vendor dengan harga jual Anda.

Menjadi Agen Properti

Menjadi agen properti bisa jadi merupakan bisnis tanpa modal yang memiliki keuntungan menggiurkan. Anda tidak memerlukan modal uang sama sekali untuk memulainya. Cukup berbekal keterampilan Anda dalam menawarkan properti seperti rumah atau apartemen. Komisi yang didapat kurang lebih sekitar 2,5%. Bayangkan jika anda bisa menjual rumah seharga 300 juta maka anda akan mendapat komisi sekitar 7,5 juta. Kalau bisa menjual rumah seharga 1 milyar atau lebih? Silakan hitung sendiri komisinya.

Membuka Bimbingan Belajar

Usaha ini bisa dimulai bukan dengan modal uang, namun dengan modal ilmu. Usaha ini sangat cocok untuk para pengajar atau mahasiswa yang ingin memperoleh penghasilan tambahan. Anda bisa menjalankannya di rumah Anda. Dengan tuntutan prestasi sekolah yang semakin tinggi, bisnis tanpa modal yang satu ini memiliki potensi yang sangat besar.

Menjadi Blogger

Sebenarnya menjadi blogger membutuhkan modal juga, seperti laptop atau desktop dan akses Internet. Namun bila Anda sudah punya keduanya, Anda relatif tidak mengeluarkan modal uang selain biaya Internet bulanan.

Anda bisa memanfaatkan layanan blog gratis dari Blogspot atau WordPress dan mengisinya dengan konten-konten yang bermanfaat serta banyak dicari oleh pengunjung. Usahakan topik blog tersebut merupakan topik yang Anda suka sehingga Anda tidak akan bosan. Lalu dari mana uang akan diperoleh? Anda bisa mendapatkannya dari iklan, program afiliasi, Google Adsense, dan masih banyak lagi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuka usaha namun tak memiliki modal. Modal uang bukanlah segalanya. Yang terpenting adalah kemauan dan kerja keras kita untuk memiliki usaha. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *