Bisnis Tanpa Modal Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Sekarang menjadi pembisnis terbuka untuk siapapun juga, artinya terbuka pula untuk Anda yang masih berstatus menjadi mahasiswa. Sekarang ada banyak bisnis yang bisa dijalankan tanpa akhirnya mengganggu waktu kuliah. Lalu bagaimana jika tidak memiliki modal? Jangan khawatir karena sekarang ada bisnis tanpa modal yang juga cocok dijalankan sebagai aktivitas sampingan yang menghasilkan.

Penasaran bisnis tanpa modal yang menjanjikan dan cocok dijalankan oleh mahasiswa? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Membuka Kursus Privat

Menjadi guru privat merupakan bisnis yang cocok dijadikan kerjaan sampingan para mahasiswa. Menjalankan bisnis ini tidak perlu modal sama sekali. Yang penting adalah memiliki keahlian dan keterampilan khusus. Misalnya: jika Anda mengambil jurusan bahasa Inggris bisa membuka les bahasa Inggris. Anda bisa menawarkan jasa kepada orang tua murid.  Jika berhasil mendapatkan siswa kursus hasilnya sangat lumayan, apalagi jika muridnya lebih dari satu orang. Nah, jika Anda tertarik sesuaikan jam lesnya dengan waktu kosong kuliah.

Bisnis Jualan Barang Bekas

Bisnis yang tidak membutuhkan modal berikutnya dan cocok dijalankan oleh mahasiswa adalah jualan barang-barang bekas. Bisnis ini bisa dijadikan kerjaan sampingan tanpa mengganggu waktu kuliah. Namun menjalankan bisnis ini harus memiliki kecerdasan membaca peluang dan cermat memilih barang yang akan dijual. Memulai bisnis ini caranya bisa jual barang-barang bekas milik sendiri atau kerjasama dengan teman-teman yang ingin barang-barangnya dijual. Namun pastikan barang-barangnya masih layak pakai dan berfungsi dengan baik.  

Jika Anda tidak punya tempat atau modal untuk menyewa tempat jualan, jangan khawatir karena jualan barang bekas bisa dilakukan secara online.

Bisnis Foto Dan Video

Bisnis menyediakan jasa foto dan video bisa dijadikan bisnis sampingan yang menjanjian. Apalagi jika Anda mengambil jurusan fotografi, sehingga selain berbisnis Anda bisa mengasah dan mengaplikasikan materi yang Anda dapatkan selama di kampus. Menjalankan bisnis ini syaratnya adalah memiliki perangkat seperti kamera, walaupun membutuhkan modal besar di awal namun hasilnya juga sangat besar.

Bisnis Menjadi Penulis

Jika Anda memiliki hobi dan kemampuan menulis, bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi sekarang ini peluang menjadi penulis online terbuka lebar karena banyak sekali yang membutuhkannya.

Bisnis Jasa Pembuatan Desain Grafis

Nah, Bagi Anda yang mengambil jurusan atau memiliki keterampilan dalam bidang desain grafis bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menjadi desain grafis bisa dibilang kecil modalnya. Namun menjalankan bisnis ini diperlukan keterampilan dan keahlian mengoperasikan software, seperti photoshop dsb.

Demikian informasi mengenai jenis bisnis tanpa modal yang cocok dijalankan oleh mahasiswa. Sebenarnya masih banyak jenis bisnis lainnya yang menarik untuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *