Bisnis Terbaik di Bidang Peternakan

Ada beragam bidang usaha dengan income yang tinggi yang bisa dijalani. Berbisnis tak harus dalam bidang perdagangan jual beli barang produksi pabrik atau barang jadi. Namun ada pula bisnis lain menjanjikan yang bisa dilakukan, yaitu bisnis di bidang peternakan. Berikut ini adalah bisnis terbaik di bidang peternakan yang bisa dijalani dan tentunya menjanjikan keuntungan tak sedikit:

  1. Ternak Ayam

Ayam adalah salah satu jenis unggas yang dagingnya banyak dibutuhkan dan dikonsumsi oleh masyarakat, oleh karena itu beternak ayam merupakan salah satu bisnis terbaik di bidang peternakan yang menjanjikan banyak keuntungan. Ayam merupakan jenis unggas yang pertumbuhannya cepat, khususnya ayam potong atau ayam broiler. Selain ayam broiler, ada beragam jenis ayam lain yang dapat diternakkan seperti ayam arab, ayam jawa, ayam kampung, dan beragam jenis ayam lainnya. Untuk ternak ayam bisa diambil dagingnya saja, telurnya saja, atau bisa juga diambil dua-duanya.  

  1. Ternak Bebek

Selain ayam, jenis unggas lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk diternakkan adalah bebek. Apalagi bagi yang tinggal di desa, beternak bebek sangatlah menjanjikan karena bebek ini harus digiring berkeliling dan ini cocok dilakukan di jalanan desa atau kampung. Seperti halnya ayam, beternak ini bisa diambil dagingnya saja, telurnya saja, bisa juga diambil daging dan telurnya.

  1. Ternak Kambing

Tak hanya unggas, beternak hewan kambing juga terbilang menjanjikan, karena kebutuhan daging kambing tak hanya dibutuhkan oleh penjual sate kambing saja, akan tetapi kebutuhan dagingnya juga dikonsumsi sehari-hari. Selain itu juga sering dikonsumsi untuk acara-acara pernikahan serta aqiqahan. Dan kebutuhan akan kambing juga akan meningkat khususnya ketika bulan dzulhijjah untuk dikurbankan.

  1. Ternak Sapi

Hewan mamalia lainnya yang bisa diternakkan selain kambing adalah sapi. Apabila memiliki modal lebih, maka beternak sapi bisa menjadi pilihan. Kebutuhan akan daging sapi di Indonesia sangatlah tinggi, karena bagi masyarakat yang tidak menyukai daging kambing, biasanya akan memilih daging sapi. Untuk modalnya sendiri memang lebih banyak dari ternak kambing, akan tetapi tentunya keuntungannya pun lebih tinggi. Ketika beternak sapi, tidak hanya bisa diambil dagingnya saja, akan tetapi juga untuk diambil susu sapi yang tentunya berharga mahal.

  1. Ternak Kelinci

Bagi yang memiliki lahan atau ruang yang tidak terlalu luas, beternak kelinci bisa dijadikan pilihan. Ada beberapa jenis kelinci, ada kelinci hias, dan ada juga kelinci pedaging. Jika melihat luas ruang beternak. Untuk yang tinggal di desa beternak kelinci pedaging sebagai pilihan, sedangkan untuk yang tinggal di kota bisa beternak kelinci hias.

Itulah beberapa bisnis terbaik di bidang peternakan yang bisa dijalani. Apabila tidak memiliki ruang untuk beternak, bisa juga menjalin kerjasama dengan orang lain yang mahir beternak dan memiliki ruang untuk tempat kandang, kita cukup menyediakan modal, dan untuk keuntungan bisa dilakukan dengan sistem bagi hasil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *