Bisnis Terbaik yang Paling Laris di Internet

starting-an-online-businessMenjual produk secara online kini menjadi pilihan banyak pengusaha sebab dunia internet yang memiliki jutaan pengguna merupakan tempat yang ideal untuk memasarkan sebuah produk. Data yang dirilis oleh berbagai majalah bisnis mengungkapkan bahwa negara yang penduduknya melek internet biasanya cenderung berbelanja secara online dibandingkan dengan mereka yang berbelanja langsung ke berbagai toko di wilayahnya. Jumlah transaksi via internet di wilayah atau di negara yang memiliki pengguna internet dengan jumlah besar jauh lebih banyak dibandingkan transaksi di dunia nyata. Amazon.com yang merupakan toko ritel online terbesar di dunia mengungkapkan bahwa pada tahun 2013, pendapatan mereka dari transaksi online mencapai $74 miliar dollar. Data tersebut menunjukkan bahwa bisnis online merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Lalu, pertanyaannya kemudian adalah, produk apa saja yang sedang laris di internet yang sangat potensial untuk dijadikan bidang bisnis terbaik?

Salah satu lembaga statistik, yaitu Forrester Research, merilis data tentang barang atau item yang paling banyak diburu oleh pembeli online sejak 2014 hingga 2016 ini. Data dari Forrester Research berikut ini tentu bisa menjadi gambaran mengenai bisnis terbaik bagi kita yang ingin terjun di dunia bisnis online.

  1.  Buku

Tidak banyak yang menyangka bahwa buku menduduki peringkat pertama sebagai item paling laris di berbagai toko online di dunia, terutama di Amazon(dot)com. Jual beli buku di internet bahkan merupakan produk pertama jualan secara online yang dilakukan oleh Amazon. Selama tahun 2014 saja, Amazon mengemukakan bahwa terdapat lebih dari 600 juta ekslemplar buku yang terjual di situs online mereka. Buku merupakan produk jualan online yang paling aman, sebab selain anti pecah, tidak banyak buku yang dipalsukan. Kalaupun palsu, buku tersebut tetap bisa dibaca. Banyak orang yang masih menjadikan buku untuk relaksasi, pencerahan, dan mendapat pengetahuan.

  1. Pakaian

Pasar pakaian di internet, menurut Forrester Research, lebih besar dari pasar game. Jumlah penjualan produk pakaian di Amazon diperkirakan mencapai $1 miliar untuk tahun 2015 saja. Kecenderungan orang-orang mengikuti trend fashion melalui internet membuat mereka juga tertarik untuk mendapatkan item fashion terbaru di berbagai toko online, sebab biasanya toko konvensional di kota tempat mereka tinggal belum menjual item fashion yang mereka inginkan. Toko online memang unggul dalam hal kecepatan promosi produk terbaru sehingga pertumbuhan pangsa pasar produk pakaian terus meningkat setiap tahun.

  1. Produk Komputer

Forrester Research mencatat bahwa penjualan produk yang berkaitan dengan komputer merupakan produk paling populer dan paling banyak dicari di situs-situs jual beli online. Hal tersebut sangat lumrah mengingat terdapat lebih dari satu juta peselanjar di internet yang mencari produk komputer setiap harinya, mulai dari hardware seperti hardisk, webcam, hingga berbagai macam software seperti game, anti virus, dan berbagai produk yang berkaitan dengan komputer. Tidak perlu diragukan lagi bahwa industri komputer merupakan bisnis terbaik yang paling menguntungkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *