Cara Bisnis Online Menggunakan Media Sosial

carajualan.com-cara bisnis onlineSekarang, di era serba internet sekarang ini membuka peluang melakukan promosi menggunakan media sosial. Seperti kita ketahui sudah banyak media sosial yang ada, seperti facebook, twetter, instagram dan path. Bahkan cara bisnis online bisa menggunakan smart phone dengan menggunakan aplikasi yang ada, seperti: melalui BBM, whatsapp dsb. Masing-masing media tersebut memiliki aturannya sendiri.

Berikut adalah tips yang akan kami berikan mengenai cara bisnis online yang bisa membuat bisnis yang Anda jalani mendapatkan hasil.

  • Menentukan Tujuan

Pertama–tama yang harus dilakukan saat memulai bisnis online menggunakan media sosial adalah dengan menentukan tujuan. Memiliki tujuan sangatlah penting, karena dapat dengan mudah menentukan strategi.

Tujuan menjalankan bisnis mungkin sudah ada dan sudah menjadi misi visi saat awal merencanakan bisnis. Namun, menentukan tujuan bisnis di media sosial bukanlah perkara yang mudah.

Hal tersebut karena trend media sosial yang terus mengalami perkembangan yang semakin canggih. Sebutlah salah satu media sosial instagram yang banyak dijadikan media promosi barang, produk maupun jasa. Mengetahui aturan main setiap media sosial sangatlah penting. Karena setiap media sosial yang ada memiliki perbedaan aturan.

Selain itu Anda harus selalu belajar memanfaatkan media sosial dan mengetahui perkembangan atau fitur-fitur baru. Misalnya: Jika menggunakan facebook Anda bisa memanfaatkan fitur fans page (sukai halaman) atau membuat grup dan masuk grup

Baca juga: Membangun Sistem Kerja Online untuk Perusahaan Anda

  • Melakukan Inovasi yang Unik dan Menarik

Bisnis online di media sosial harus memiliki inovasi yang kreatif. Inovasi secara sederhana dapat diartikan sebagai cara atau bentuk perubahan yang siginfikan. Alangkah baiknya inovasi dibarengi dengan hal-hal yang kreatif. Karena bisa membuat ide gagasan yang menarik, unik dan beda dari yang lain. Kriteria seorang innovator adalah: memiliki banyak informasi, tangkas, efisien dan responsif.

  • Aktif di Media Sosial

Aktif dalam kegiatan bersosial di media sosial bisa dengan posting kegiatan yang berhubungan dengan bisnis Anda secara rutin. Misalnya mempromosikan produk/ barang baru, tentang pelanggan yang datang, event yang sedang dilakukan dan lain-lain. Anda juga bisa melakukan promosi dengan memberikan bonus atau diskon pada hari-hari tertentu. Misalnya memberikan potongan harga bagi yang bersedia men-tweet atau memposting di media sosial lainnya mengenai produk yang Anda jual.

Karena aktif atau tidaknya di media sosial menjadi salah satu faktor yang bisa membuat calon pembeli tertarik dengan bisnis Anda maka sangat penting membangun strategi dan tweet jadi pastikan Anda melakukan penjadwalan.

Cara bisnis online lainnya selain di media sosial adalah bisa dengan memposting artikel tentang kegiatan di blogspot/ website milik Anda dan menshare artikel di akun Google+ dan di akun media sosial lainnya milik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *