Cara Memelihara Ternak Kambing untuk Persiapan Kurban

Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang dapat diolah untuk menjaga satu makanan terbaik saat memakan daging. Terlepas dari olahan daging kambing yang enak, sebagai peternak tentunya ternak kambing bukanlah sesuatu hal yang rumit. Walaupun demikian seorang harus peternak harus memberikan kambing dengan daging berkualitas baik dan tidak kurus ataupun penyakitan. Oleh karena itu sebagai peternak banyak hal yang perlu dipersiapkan tanpa harus merasa ribet.

Sebagai peternak tentunya sudah mengenali berbagai jenis kambing potong yang bisa dikonsumsi. Sebagai peternak pemula tentu harus mengetahui berbagai jenis kambing potong, berikut adalah jenis-jenis kambing potong diantaranya adalah:

  • Kambing kacang, ras yang dikembangkan langsung di Indonesia. Memiliki ukuran kecil atau relatif pendek, betina dan jantan memiliki tanduk, telinga yang pendek, bagian punggung yang meninggi, biasanya memiliki warna hitam, coklat, putih dan belang.
  • Kambing peranakan etawa, penghasil susu dan penghasil daging, telinga yang panjang dan kaku, ukuran besar dan tinggi, jika betina bagian bawah ekor memiliki bulu yang cukup lebat, jika jantan bagian bawah leher memiliki bulu yang cukup lebat.

Ternak kambing kacang maupun etawa dapat disesuaikan dengan kebutuhan peternak. Peternak juga tentunya harus memelihara kambing dengan baik. Banyak cara untuk memelihara dan merawat kambing supaya memiliki daging yang bagus dan sehat. Kambing yang sehat biasanya dapat dijual bagi orang-orang yang mencari kambing untuk dikurbankan. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh peternak untuk mempersiapkan hewan ternaknya untuk siap jual dengan kualitas daging yang sehat serta tidak memiliki kronologis penyakit. Kambing yang memiliki penyakit tidak disarankan karena akan berpengaruh terhadap daging dan orang yang akan mengonsumsi daging kambing tersebut.

Berikut adalah cara memelihara kambing yang baik untuk mendapatkan kambing yang sehat dan siap jual diantaranya:

  • Peternak harus mengetahui jenis-jenis kambing potong.
  • Gunakan bibit kambing dengan kriteria umur 8-12 bulan, sehat, tidak memiliki cacat fisik dan semua organ luar bersih dan berfungsi baik.
  • Kandang kambing yang baik memiliki kriteria seperti kolong untuk menampung kotoran ternak, adanya jarang tanah yang becek dengan kandang sehingga kandang dibuat sedikit lebih tinggi diatas permukaan tanah, dinding kandang agak lebih tinggi supaya kambing tidak memakan dedaunan sembarangan.
  • Ukuran kandang kambing disesuaikan dengan ukuran dan umur kambing.
  • Mempersiapkan rumput hijau atau dedaunan hijau untuk makanan ternak.

Berdasarkan tips diatas untuk memelihara ternak kambing tentunya bukanlah hal yang susah dan ribet. Mempersiapkan kualitas kambing sejak dari bibit akan sangat baik dan menentukan kualitas keturunan yang akan dihasilkan. Kandang kambing juga perlu dibersihkan supaya tetap bersih dan kambing terhindar dari penyakit, menjauhkan kambing tanah berlumpur juga turut menjauhkan kambing dari segala penyakit hewan ternak. Kambing yang sehat siap untuk dikurbankan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *