Cara Memulai Bisnis Internet Bagi Pemula

carajualan.com-cara bisnis onlineBerbisnis di internet memang tidak semudah yang dibayangkan. Bagi seorang pemula yang benar-benar baru menginjak dunia bisnis, bisnis online rumit untuk dimulai. Apabila Anda salah langkah dalam memulai, maka akan fatal akibatnya. Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam memulai bisnis internet.

  • Putuskan apa yang ingin dijual

Pertama, Anda harus memutuskan apa yang ingin Anda jual. Berbisnis online tentu saja adalah berjualan secara online. Jadi Anda harus tahu apa yang akan Anda jual. Akan lebih muda apabila Anda telah memiliki bisnis offline, karena Anda dapat langsung mulai mempromosikannya secara online. Namun, apabila Anda belum tahu apa yang ingin Anda jual, tentu saja ini adalah masalah.

Kebanyakan orang menjual produk karena terlalu fokus pada produknya, bukanlah pada kebutuhan orang-orang. Padahal Anda sebagai seorang penjual merupakan problem solver yang akan memberi solusi dari permasalahan orang-orang. Carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda. Dengan melakukan riset produk, Anda dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jangan lupa Anda

  • Membuat lapak online

Lapak online perlu dibuat karena situs ini merupakan wadah berjualan online atau promosi di internet. Anda bisa melakukan promosi di media sosial seperti Instagram, Line, Facebook, Twitter, dan lainnya. Anda juga bisa mempromosikannya di situs-situs Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya. Namun, apabila Anda memiliki blog sendiri, Anda akan lebih mudah melakukan promosi. Anda dapat membuat domain sendiri atau juga menggunakan penyedia blog gratisan yang cukup terkenal seperti WordPress, Blogspot, Tumblr, dan situs lainnya. Apabila memang Anda tidak bisa membuat lapak online sendiri padahal Anda memiliki niat yang cukup tinggi, Anda dapat meminta tolong pada teman Anda untuk membantu Anda membuatnya.

  • Promosikan lapak jualan online Anda

Setelah website Anda jadi, Anda dapat mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda miliki. Saatnya Anda mempromosikan produk / jasa yang Anda miliki dengan menggunakan bahasa yang enak dibaca. Untuk materi konten di web, sebaiknya Anda menampilkan tampilan yang sederhana saja, asalkan mencakup profil usaha, galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya, alamat usaha lengkap beserta contact person, dan cara pemesanan maupun form ordernya.

Tujuan dari promosi itu sendiri adalah untuk mendapatkan kunjungan / trafik ke website Anda. Selanjutnya, Anda dapat membangun hubungan baik dengan para pengunjung untuk memberi informasi yang mereka butuhkan. Mungkin mereka tidak langsung membeli produk Anda, tetapi setidaknya ketika mereka mendapatkan informasi tentang produk / jasa yang dibutuhkan, maka kepercayaan mereka akan tumbuh sehingga kemungkinan mereka membeli produk / jasa pada Anda akan semakin besar. Target utama dari website itu adalah terjadinya kontak Pertama dengan calon konsumen.

Itulah tiga langkah yang dapat Anda lakukan saat memulai bisnis internet. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *