Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

Seperti yang dikatakaan oleh Almarhum Bob Sadino “Setinggi apapun pangkatmu kamu akan tetap karyawan, dan sekecil apapun usahamu kamu tetap adalah bos”. Seiring dengan pernyataan itu kini banyak orang yang lebih tertarik membuka usaha bisnis sendiri dengan modal usaha tergantung kemampuan diri sendiri dibandingkan bekerja di suatu perusahaan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

Sebelum memulai suatu usaha atau bisnis maka perlu adanya modal usaha karena hal ini merupakan faktor utama dalam usaha yang akan dibangun. Untuk membuka usaha memang membutuhkan modal dana yang terkadang tidak sedikit. Banyak keinginan orang-orang untuk mendirikan usaha pupus karena keterbatasan modal usaha. Namun tak perlu khawatir, berikut ini adalah cara yang dapat dilakuan untuk mendapatnya :

  • Tabungan

Cara ini bisa dibilang mudah dilakukan juga sulit dilakukan. Mudah dilakukan untuk orang-orang yang mempunyai tabungan dan susah untuk mereka yan tidak mempunyai tabungan sama sekali. Inilah pentingnya untuk memiliki tabungan, ketika ingin membuka usaha tak perlu mencari modal kesana kemari cukup mengambil dari tabungan yang dimiliki. Anda bisa menabung di Bank atau menyimpan uang dalam bentuk aset tanah, rumah, sawah, emas, dan lainnya.

  • Mengajukan Pinjaman Kepada Orang – orang Terdekat

Orang-orang terdekat adalah orang-orang yang biasanya akan mensupport apa yang akan anda lakukan. Ajukan pinjaman kepada orang tua, teman, saudara atau siapa saja orang terdekat. Jelaskan bahwa uang tersebut akan dijakdikan sebagai modal usaha, akan digunakan sebaik – baiknya dan akan dikembalikan dalam waktu dekat.

  • Menjual Aset

Untuk mendapatkan tambahan cobalah lihat sekeliling apakah ada yang bisa dimanfaatkan untuk menambah modal. bisa dengan menjual beberapa barang beharga  yang dimiliki seperti tanah, mobil, emas, gadget, kamera.

  • Menggadaikan Barang

Jika dirasa belum rela untuk menjual barang barang tersebut, anda bisa menggadaikan barang-barang berharga anda. Mekanismenya anda akan menitipkan barang barang tersebut ke penggadaian. Bunga yang ditawarkan penggadaian juga relatif kecil sehingga tidak begitu memberatkan. Selanjutnya barang-barang anda dapat dimilki kembali atau ditebus setelah pinjaman yang diberikan dapat terselesaikan.

  • Mencari Investor

Investor akan memberikan modal dalam bentuk suntikan dana. Namun Anda harus menjelaskan keuntungan apa saja yang nantinya akan investor tersebut dapatkan, sebelumya anda dapat  menjelaskan seperti apa rencana bisnis yang akan dijalankan dan perkiraan dana yang akan diperlukan kepada investor.

  • Meminjam Uang ke Bank

Bank adalah tempat yang paling banyak dituju bagi yang membutuhkan modal. Pinjaman di Bank terdapat 2 jenis yaitu tanpa jaminan dan dengan jaminan tertentu. Ada pinjaman di bank yang dinamakan Kredit Multi Guna dimana anda harus menyerahkan jaminan  kepada bank. Bunga yang ditawarkan antar 9-12 % dengan tenor antara 5-20 tahu tergantung besar jumlah pinjaman.

Baca juga artikel menarik lainnya di carajualan.com

Nah itulah 6 cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha, tentukan mana yang sekiranyaa mudah, menguntungkan dan semoga dapat memberikan solusi bagi anda yang akan menjalankan usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *