Cara Mendapatkan Modal Usaha Yang Mudah

Cara Mendapatkan Modal Usaha Yang Mudah

Modal usaha merupakan langkah pertama yang paling penting untuk memulai usaha. Tanpa memiliki modal sebuah rencana usaha akan hanya menjadi impian dan sulit untuk dicapai. Besar kecilnya modal tergantung jenis usaha yang akan dimulai.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Yang Mudah

Mencari modal usaha untuk sekarang ini tidaklah sesulit tahun lalu yang hanya melalui jalur konvensional seperti bank. Saat ini banyak cara untuk mendapatkan modal dengan syarat-syarat yang mudah. Berikut ini cara-cara memperoleh modal usaha :

  • Meminjam dari Bank dengan Menggunakan Jaminan

Bank merupakan tempat yang paling sering dituju orang yang membutuhkan modal usaha. Kredit Multi Guna (KMG) merupakan program pinjaman di bank, dimana Peminjam memberikan sejumlah jaminan seperti kendaraan bermotor atau aset. Bunga yang ditawarkan oleh bank berbeda-beda antara 9-12 persen dengan tenor antara 5-20 tahun tergantung pinjaman yang diambil.

  • Pinjaman Bank tanpa Agunan

Untuk pebisnis yang membutuhkan modal dapat meminjam ke bank dengan menggunakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan atau KTA. KTA merupakan pinjaman favorit dari pencari modal karena tetap mendapatkan uang walaupun tanpa memberikan jaminan apapun. Dengan meminjam KTA disarankan untuk mengambil tenor cicilan yang lebih singkat, karena bunganya lebih banyak dari KMG yaitu sekita 10-23 persen.

  • Memakai Tabungan yang Dimiliki

Jika tidak berminat untuk meminjam di bank karena merasa bunga yang dikenakan terlalu tinggi, sebaiknya Anda memakai tabungan untuk bermodal usaha. Cara satu ini sangat mudah dan jauh lebih aman karea tidak memiliki resiko berhutang.

  • Menjual Aset yang Ada

Jika Anda mempunyai aset berupa kendaraan bermotor, properti, emas, atau investasi lain yang menguntungkan. Sebaiknya dijual untuk memulai usaha. Karena jika usaha Anda berhasil, aset-aset yang telah dijual tadi Anda akan bisa membeliya yang lebih bagus dan banyak.

  • Menggadaikan Aset

Jika Anda menyayangkan aset untuk dijual, lebih baik aset tersebut digadaikan ke institusi penggadaian. Cara ini menguntungkan karena Anda tetap mendapatkan modal usaha, sementara aset yang dimiliki tetap utuh. Namun, jangan lupa untuk menebus aset yang digadaikan, karena jika tidak ditebus aset akan disita oleh pihak penggadai.

  • Meminjam dari Teman Atau Saudara

Cara mudah yang lain yaitu dapat meminjam kepada orang-orang dekat seperti saudara, teman, sepupu, atau pun mertua. Pinjaman dari mereka mungkin nilainya tidak sebanyak dari bank, namun pinjaman tersebut biasanya tidak ada bunga.

  • Joint  Venture

Memulai usaha dengan mengajak saudara atu teman dengan cara patungan modal. Cara ini sangat menguntungkan karena modal dan pekerjaan akan dibagi sama rata, termasuk membagi kerugian. Sebaiknya lakukan perjanjian tertulis mengenai hasil untuk memghindari masalah atau konflik diwaktu yang mendatang.

Baca juga artikel menarik lainnya di carajualan.com

Sebelum memilih dari beberapa pilihan cara mendapatkan modal usaha tersebut, sebaiknya putuskan usaha apa yang akan dibangun terlebih dahulu. Harus mengetahui secara detail apa saja yang harus dilakukan termasuk resiko yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *