Cara Merawat Barang Antik Agar Tetap Awet

Cara Merawat Barang Antik Agar Tetap Awet

Barang antik sekilas jika kita pikirkan memiiki harga yang cukup mahal, namun tidak sebanding dengan fungsinya dan kita akan mengangapnya remeh. Mungkin ini adalah pemikiran sebagain orang awam mengenai barang tersebut, tapi tunggu dulu barang ini bagi sebagian orang menjadi kebanggaan tersendiri.

Cara Merawat Barang Antik Agar Tetap Awet

Apalagi nilainya yang fantastis menjadi nilai plus juga, sehingga bagi mereka menyukai sesuatu yang antik akan rela mengeluarkan banyak uang demi barang idaman mereka. Ada berbagai alasan mengapa suatu barang menjadi antik, seperti halnya barang tersebut terbatas hanya di miliki beberapa orang.

Bisa juga barang tersebut bernilai seni tinggi atau bahkan barang tersebut memiliki filosofi, sejarah masa lalu yang menjadi peninggalan masa lampau. Oleh karena itu menjadi kolektor barang antik adalah sebuah kebanggan, karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan tersebut.

Memiliki harga mahal dan barang yang terbatas, tentu dalam perawatan juga harus ekstra. Karena jika salah dalam perawatan barang tersebut akan rusak, sehingga akan menurunkan harga jualnya nanti. Sebab itu bagi kolektor barang antik harus pandai dalam merawat barang yang dimilikinya.

Jika anda adalah salah satu kolektor barang antik ada beberapa yang perlu di waspadai dalam merawat barang milik anda, seperti tempat penyimpanan, pembersihan dll. Untuk membantu anda dalam merawat benda antik tersebut, kami memiliki sedikit tips yang mungkin bisa membantu, di antaranya sebagai berikut :

 

  • Pemilihan tempat penyimpanan yang tepat

 

Untuk menyimpan barang antik anda harus memilih tempat yang tepat, karena ini akan berpengaruh pada kualitas barang anda nantinya. Tempat kan pada lokasi yang tidak berbahaya, contohnya guci yang jika anda meletakkan secara sembarangan bisa saja tidak sengaja tersenggol dan pecah. Apalagi jika anda memiliki anak kecil, anda bisa membuat tempat yang terbuat dari kaca untuk menghindari dari jangkauan anak-anak.

Selain itu kaca juga akan melindungi barang dari debu dan kotoran, jangan pula tempatkan barang pada lokasi yang lembab atau terkena sinar matahari terus menerus. Karena kelembapan akan memudahkan jamur untuk berkembang biak., matahari juga dapat memudarkan warna cat dan mengurangi keindahaan tampilannya.

 

  • Pemilihan perawatan khusus untuk kayu

 

Jika anda memiliki benda-benda antik yang terbuat dari kayu sebaiknya dalam perawatannya harus agak ekstra. Karena kayu ini rentan lapuk dan terkena rayap, tidak itu saja jika di letakkan pada tempat lembab juga akan mudah berjamur dan memuai. Oleh karena itu anda harus rutin memberi semprotan pembresih setidaknya minimal sebulan sekali, selain itu untuk menghindari rayap bisa di lakukan dengan menyuntikan cairan anti rayap yang mengandung silikon setidaknya setahun sekali.

 

  • Jangan lupa untuk selalu membersihkan debu

 

Salah satu cara untuk menjaga barang antik agar tetap awet ialah dengan membersihkan debu-debu syang menempel, meski barang tersebut berada di lemari kaca.

Baca juga: Contoh Barang antik yang Sederhana tetapi Berharga

Itulah beberapa cara merawat barang antik agar tetap awet, mungkin beberapa tips tersebut bisa membantu anda untuk tetap menjadi kolektor barang yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *