Cara Pembayaran di Toko Online

carajualan.com-toko onlineBerbelanja melalui media internet sudah bukan hal yang asing lagi masyarakat kita. Banyak situs-situs yang menawarkan produk dengan harga bersaing selayaknya toko offline. Aneka macam produk ditawarkan, elektronik, bahan makanan pokok, pakaian, jasa, peralatan outdoor, kendaraan, peralatan masak, dsb. Kini sudah mulai memanfaatkan sistem online dalam bertransaksi. Tentunya dalam bertransaksi memiliki cara yang berbeda dari toko offline. Dalam bertransaksi di toko offline biasanya langsung melakukan pembayaran secara cash pada kasir. Lalu bagaimana dengan toko online? Berikut ada beberapa cara pembayaran yang biasanya di berlakukan pada toko online yang ada saat ini.

  • Dengan cara COD (Cash On Delivery)

Cara ini biasanya dilakukan oleh toko online yang pembelinya berada di wilayah satu kota. Mereka melakukan kesepakatan terlebih dahulu, bahwa barang akan dibayar saat sudah sampai ditempat tujuan. Hal ini biasanya dilakukan untuk meminimalisir penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Tetapi ada juga beberapa toko online yang sudah terpercaya memberlakukan cara ini tidak hanya untuk wilayah satu kota tapi untuk kota-kota yang lainnya juga.

  • Dengan cara transfer antar bank

Sistem ini lebih sering dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Pembeli akan melakukan pembayaran via transfer antar bank. Apalagi sekarang ada fasilitas internet banking, jadi tidak perlu ke ATM, jika Anda banyak beraktifitas di layar monitor laptop atau komputer Anda dan terkoneksi melalui jaringan internet, cukup memanfaatkan fasilitas ini untuk bertransaksi. Jika Anda ingin mengaktifkan layanan ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu pada bank yang bersangkutan agar bisa melakukan transaksi, biasanya akan diberi kode khusus dengan password yang telah terlindungi, untuk bisa menggunakan fasilitas e-banking.

Baca juga: Jadikan Sosmed sebagai Toko Online Anda

  • Dengan cara PayPal

Cara pembayaran ini dilakukan untuk mereka yang tinggal di luar negeri. PayPal merupakan rekening virtual yang ada di internet. Anda harus mempunyai akun dulu di situs PayPal seperti pengisian rekening di bank. Akun ini juga berfungsi sebagai buku tabungan kita yang bisa di ambil dan dibuat transaksi online. Transaksi dengan menggunakan PayPal hanya bisa dilakukan sesama PayPal. Jadi tidak semua toko online mempunyai PayPal.

  • Dengan cara kartu kredit

Beberapa toko online di Indonesia sudah mulai menyediakan cara bertransaksi menggunakan kartu kredit. Transaksi dengan cara ini sudah mulai banyak diminati. Tidak hanya untuk pembayaran online untuk belanja offline pun cara pembayaran kartu kredit pun mulai tersebar di supermarket-supermarket besar.

Itulah beberapa cara pembayaran ketika bertransaksi di toko online. Kini tidak perlu takut lagi untuk mulai berbelanja online. Dan bagi Anda para pebisnis online sudah saatnya untuk memberikan fasilitas pembayaran yang mudah dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *