Hal-hal yang Perlu Diketahui Dalam Belajar Bisnis

carajualan.com-bisnis onlineHal-hal yang Perlu Diketahui Dalam Belajar Bisnis – Memulai bisnis dari nol bukan hanya berarti bahwa modal yang Anda miliki adalah nol untuk memulai suatu bisnis. Namun, memulai bisnis dari nol juga berarti Anda masih bingung atau bahkan tidak tahu ingin berbisnis apa. Biasanya bisnis yang dimulai dari nol terdiri dari tiga hal:

  1. Tidak memiliki modal uang
  2. Tidak tahu ingin berbisnis apa
  3. Tidak tahu mulai dari mana

Cara untuk mengatasi ketiga masalah itu adalah dengan belajar atau menuntut ilmu. Artinya, pada saat Anda tidak memiliki modal uang, Anda belum memiliki ilmu yang cukup untuk bisa mendapatkan uang. Pada saat Anda tidak tahu ingin berbisnis apa, Anda tidak memiliki ilmu untuk melihat, mencari, dan menangkap peluang. Peluang itu bisa didapatkan dari mana saja dan hanya Anda yang dapat mengetahui apakah peluang itu bisa Anda manfaatkan atau tidak. Dan pada saat Anda tidak tahu dimulai dari mana, Anda belum mengetahui ilmu tahapan dalam menjalankan bisnis.

Belajar bisnis memang tidaklah mudah. Di mana-mana, belajar pasti membutuhkan proses, begitu pun dengan berbisnis. Namun bukan berarti berbisnis adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Kunci terpenting yang harus Anda miliki adalah kemauan. Kemauan untuk belajar, lalu mencoba, dan apabila gagal, ya coba lagi. Dengan memiliki kemampuan, Anda akan mendapatkan jawaban atas ketiga masalah di atas.

Apabila Anda sudah dapat mengatasi ketiga masalah di atas, Anda dapat menjalankan bisnis yang Anda inginkan. Salah satu bisnis yang mudah dilakukan dengan tanpa modal adalah berbisnis online. Namun, dalam menjalankan bisnis online, ada beberapa hal penting yang harus Anda mengerti dan lakukan:

  • Penawaran (Produk dan Jasa)

Penawaran merupakan bagian terpenting dalam berbisnis online. Penawaran di sini dapat berupa produk maupun jasa. Apabila Anda tidak memiliki produk atau jasa, apa yang akan Anda jual? Dengan adanya produk berarti Anda memiliki potensi untuk menghasilkan uang.

  • Pengunjung (Traffic dan Pageviews)

Bagian terpenting selanjutnya adalah pengunjung. Apabila tidak ada pengunjung, siapa yang akan melihat serta membeli produk Anda? Situs yang paling banyak dikunjungi setiap harinya adalah Google dan sosial media. Apabila Anda mengerti cara menggunakannya, Anda dapat memanfaatkan situs tersebut. Tips menjaring pengunjung dari Google adalah dengan membuat judul artikel Anda lebih sangat menonjol dari yang lain, sehingga nilai klik pengunjung akan lebih besar.

  • Konversi (Pengunjung menjadi pembeli)

Kebanyakan para blogger memiliki banyak pengunjung setiap harinya, tetapi gagal dalam menjadikan pengunjung menjadi pembeli. Kebanyakan orang hanya memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi blog dan traffic yang didapatkan hanya sebatas pada hari promosi saja. Sebaiknya Anda mengutamakan traffic dari Google, karena kebanyakan pengunjung datang dari Search engine.

Itulah tiga hal yang perlu Anda ketahui dalam belajar bisnis online. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *