Iklan Kontekstual: Cara Bisnis Online Potensial Untuk Para Blogger

shutterstock_264789176Jika Anda memiliki website/blog bertema bidang tertentu dengan konten menarik dan dikunjungi banyak visitor, maka iklan kontekstual bisa Anda jadikan pilihan cara bisnis online untuk menghasilkan uang dari website/blog Anda.

Pada dasarnya cara bisnis online iklan kontekstual adalah iklan dari provider yang isinya disesuaikan dengan konten website/blog yang Anda miliki. Jadi fokus utamanya adalah membuat website/blog dengan konten yang menarik. Website/blog yang diisi konten baru dan unik secara berkelanjutan akan mendatangkan pembaca setia dari seluruh dunia. Bila website/blog sudah memiliki traffic visitor yang tinggi, otomatis website/blog itu akan menghasilkan uang iklan yang banyak sekali.

Baca juga: Cara Jualan Online Untuk Produk Anda

Iklan-iklan yang dimunculkan dipilih oleh sebuah sistem yang otomatis mendeteksi kata kunci pada halaman yang dikunjungi pengguna atau pengunjung website. Iklan mesin pencari juga merupakan bentuk iklan kontekstual, karena iklan yang muncul didasarkan pada kata kunci pencarian yang digunakan. Publisher (pihak yang menampilkan iklan) dan pengiklan hanya akan memperoleh keuntungan dari iklan jika pengguna mengeklik iklan yang dikenal sebagai iklan pay-per-click alias PPC.

Banyak perusahaan/network  yang menyediakan program monetisasi dari iklan kontekstual. Contoh paling terkenal dari cara bisnis online ini adalah Google AdSense. Provider ini bisa dibilang merupakan pionir di bidang ini. Robot Google akan menayangkan iklan yang relevan kepada pengunjung website/blog Anda. Iklan-iklan tersebut dipilih dari persediaan pengiklan, yang mendaftar melalui Google AdWords. Program ini juga mempertimbangkan lokasi dan bahasa dari pengunjung. MSN adCenter dan Yahoo! Publisher Network juga menyediakan layanan iklan kontekstual yang sejenis dan bisa menjadi pilihan alternatif selain Google AdSense.

Keuntungan Iklan Kontekstual

Ada 3 pihak yang akan mendapat keuntungan dari iklan kontekstual. Mereka adalah provider, pemilik website/blog, dan pengiklan. Provider iklan, seperti Google Adwords, akan mendapat keuntungan dari biaya pemsangan iklan PPC yang dibayarkan pengiklan kepada mereka.

Pemilik website/blog mendapatkan keuntungan berupa uang dari iklan yang diklik. Selain itu website/blog miliknya akan terlihat lebih rapi dan konsisten karena seluruh isinya, mulai dari artikel, foto sampai iklannya, dalam satu tema atau satu topik pembahasan. Dengan berkaitannya antara isi website/blog dengan iklan, akan memperbesar kemungkinan pengunjung untuk mengeklik iklan tersebut.

Lalu bagaimana dengan pihak pengiklan? Pengiklan akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produknya yang diiklankan. Apakah program iklan kontekstual ini akan sangat efektif untuk penjualan produk mereka? Jawabannya tentu sangat efektif, karena setiap pengunjung blog kontekstual biasanya adalah orang yang tertarik dengan bidang pembahasan yang ditulis. Dengan demikian, semakin besar peluang produk Anda diminati, semakin besar peluang pengunjung mengeklik iklan, yang pada akhirnya semakin besar pula peluang bertambahnya konsumen baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *