Ikuti Tips Belanja Online Yang Mencegah Anda Dari Penipuan

Seiring dengan semakin majunya teknologi internet, diikuti dengan menjamurnya situs jual beli. Hal ini tidak hanya menguntungkan pihak e-commerce dan penjual itu sendiri, namun menguntungkan bagi semua orang untuk melakukan aktivitas belanja online karena lebih praktis dan menyenangkan.

Namun sayangnya kondisi trand jual beli online, dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan diri sendiri dengan melakukan modus penipuan sebagai toko online. Walaupun tidak semua situs atau toko online melakukan hal tersebut, tapi sebaiknya sebelum memutuskan belanja online sebaiknya ketahui terlebih dulu tips aman belanja dengan cara online berikut ini.

 

  • Pilih Situs Jual Beli Yang Terpercaya

 

Sebelum membeli barang di toko online yang pertama-tama harus diperhatikan adalah memastikan toko yang Anda kunjungi aman dan terpercaya. Baca dengan seksama kebijakan yang dicantumkan pada website tersebut. Pastikan apakah toko tersebut memberikan garansi hingga pengembalian uang jika ada barang yang cacat atau tidak.

Untuk mengetahui apakah toko tersebut memiliki reputasi yang baik, salah satu caranya adalah dengan membaca testimony. Berikut penjelasannya mengenai testimonial.

 

  • Testimonial

 

Apa sebenarnya testimonial itu? Testimonial merupakan kesaksian para konsumen yang pernah belanja di toko tersebut. Oleh sebab itu, dengan testimony para pengunjung situs bisa mengetahui reputasi penjual. Coba baca testimonial yang ada di website penjual (jika dicantumkan) jika toko online tersebut memiliki banyak kesan yang memuaskan dari pembeli maka Anda bisa mempertimbangkan untuk belanja di toko online tersebut.

 

  • Harga Yang Pas

 

Membeli barang dengan harga murah menjadi daya tarik bagi para kosumen untuk membeli produk atau barang tersebut. Namun sebaiknya Anda waspada jika ada yang menawarkan harga yang sangat murah dan tidak masuk akal. Pastikan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan harga yang ada di pasaran.

 

  • Mencari Informasi Dan Rekomendasi

 

Jika Anda masih belum yakin untuk belanja di toko online tersebut, caranya bisa mencari informasi dan rekomendasi kepada keluarga, teman ataupun orang lain khususnya yang pernah belanja di toko atau situs tersebut. Tanyakan bagaimana mereka melayani kosumennya dan bagaimana kondisi barang yang dijual.

 

  • Pelajari Cara Pembayaran Dan Amankan PC/ Perangkat Yang Digunakan

 

Pastikan perangkat yang Anda gunakan sudah terpasang antivirus, entah itu laptop, komputer atau smartphone. Fungsi antivirus adalah melindungi perangkat dari ancaman. Selain itu pertimbangakn sistem pembayaran transaksi belanja. Ada beberapa toko online yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit, ada juga yang menggunakan transfer antar bank dan pembayaran langsung (COD).

Itulah beberapa tips aman belanja online yang bisa Anda ikuti dengan harapan dapat mencegah Anda dari modus penipuan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *