Ini Dia Cara Belajar Bisnis yang Berprospek Cerah di Indonesia

Terjun ke dunia usaha bukan berarti Anda harus menyiapkan modal besar, karena banyak diantara bisnis yang bisa dimulai dari modal kecil, biasakan dengan belajar bisnis terlebih dahulu, dengan modal yang minim seandainya terjadi kerugian nanti maka jumlah yang harus ditanggung juga tak terlalu tinggi. Berbeda dengan mereka yang mengawalinya dengan modal besar, ketika sudah bangkrut tentunya kerugian juga sangat besar yang harus ditanggung. Banyak sebenarnya alasan yang mengharuskan Anda untuk belajar atau mendalami ilmu bisnis, salah satunya adalah karena lapangan kerja yang ada sekarang ini semakin sempit.

Terbatas pada mereka yang berpendidikan tinggi dan memiliki banyak pengalaman, sedangkan sisanya mau tak mau harus menganggur terlebih dahulu. itulah mengapa sangat dianjurkan untuk mempelajari lebih banyak ilmu tentang bisnis ini. Setidaknya ide tersebut bisa direalisasikan menjadi uang. Siapa tau peruntungan Anda adalah disini. Karena mereka yang sukses dalam menjalankan sebuah bisnis, hidupnya akan jauh lebih makmur jika dibandingkan dengan seorang pegawai.

Belajar bisnis bisa melalui banyak hal, diantaranya adalah dengan membaca atau terjun langsung mencobanya. Terkadang teori saja tak cukup jika tidak diimbangi dengan praktek secara langsung. ada cukup banyak sebenarnya bisnis yang prospeknya menguntungkan, namun sangat jarang dilirik, karena semua hanya fokus ke bisnis penjualan saja, diantaranya adalah:

  1. Bisnis di bidang peternakan, ingat bahwa sumber pangan utama masyarakat Indonesia selain dari pertanian adalah peternakan, kian lama usaha kuliner juga semakin banyak, mereka membutuhkan supply sumber daging dan juga telur yang cukup. Hal ini menyebabkan prospek usaha tersebut juga kian baik. Anda bisa mencoba pilihan bisnis seperti dengan beternak ayam pedaging, kemudian juga ayam petelur, bebek atau budidaya ikan.
  2. Bisnis di bidang budidaya tanaman, selain tanaman pangan, seperti padi atau jagung, maka budidaya tanaman hias juga masih jadi salah satu primadona bagi masyarakat, karena harganya relatif tinggi. Khususnya adalah tanaman toga atau yang dipakai sebagai sumber obat-obatan.
  3. Bisnis di bidang agraris, pertanian juga jadi salah satu komoditi yang memegang peran yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan bangsa, hingga saat ini stock pangan sendiri masih belum mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia, sehingga masih import dari luar negeri. Anda bisa memanfaatkannya dengan menjalankan bisnis pada bidang ini, tak harus dengan menggarap lahan yang luas, lahan kecil tak masalah, asalkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Mulai dengan mengenal terlebih dahulu jenis bisnis yang akan Anda geluti tersebut, diantaranya adalah dengan belajar bisnis melalui buku-bukunya, baru setelah ada modal bisa mencobanya secara langsung. Bisnis tak selalu merugikan, jika dilakukan dengan tepat dan sungguh-sungguh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *