Ini Dia Cara Memulai Bisnis Fashion dengan Brand Sendiri

Industri fashion di Indonesia mulai mendapat perhatian dari berbagai negara dalam beberapa tahun terakhir ini. jadi tidak heran, jika bisnis ini mulai menjamur dan mulai banyak label baju baru bermunculan oleh para desainer muda. Sehingga membuat bisnis fashion menjadi sangat menguntungkan bagi para orang yang memiliki hobi berjualan. Bahkan semakin berkembang dengan adanya pasar dengan internet. Tidak bisa dipungkiri bahwa sosial media dan juga akses internet yang dimiliki oleh sebagian banyak orang sekarang ini lebih memudahkan segala sesuatu.

Dalam melakukan usaha dibidang fashion ini hal utama yang harus Anda lakukan yaitu memikirkan modal. Modal awal dan juga darimana mendapatkan modal tersebut. Ini akan membantu Anda untuk fokus pada pengeluaran produksi dan tidak akan mencampurkan dengan pengeluaran pribadi. Setelah itu, susunlah rencana bisnis, seperti target market dan strategi pemasaran yang akan dituju. Menganalisis kompetitor dan merencanakan keuangan dengan baik serta distribusi dan juga melakukan estimasi penjualan. Ketika bisnis Anda sudah mulai besar akan lebih baik jika Anda menyerahkan bagian keuangan kepada orang yang lebih mengerti keuangan.

Dalam melakukan bisnis fashion berfikirlah untuk lebih pada menjadi seorang pengusaha fashion. jika desain mungkin sudah menjadi passion Anda. Tapi jika Anda menginginkan bisnis yang sukses Anda harus memikirkan sesuai dengan pebisnis pada umumnya. Mencari peluang, mencari keuntungan, dan mengolah potensi yang ada. Mengikuti seminar tentang manajemen dan bisnis juga menjadi persiapan Anda dalam menghadapi tantangan dalam dunia bisnis. Meskipun Anda memiliki banyak rencana yang dipikirkan, namun usahakan fokus pada rencana awal Anda. Jika Anda menginginkan untuk membuat pakaian wanita, Anda harus fokus serta menjadi spesialis gaya yang mendeskripsikan rancangan.

Pengeluaran terbesar dari usaha ini yaitu dari pembelian untuk bahan dasar baju. Oleh karena itu, Anda harus mencari tempat yang murah dalam membeli bahan baju ini karena Anda akan membeli dalam jumlah yang besar. Untuk melakukan bisnis ini Anda tidak bisa melakukan dengan sendirian, Anda membutuhkan partner untuk menjahit dan sebagainya. Serta untuk melakukan promosi, produksi semuanya juga memerlukan bantuan orang lain. Untuk itu ketika Anda akan memulai bisnis ini, rekrutlah teman sekitar Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang ini sehingga mereka dapat membantu Anda. Membuat pembagian tugas yang sesuai dengan kemampuan, ada yang bertugas untuk mengatur pemasaran, produksi, sedangkan Anda sendiri bisa mengurus desain.

Anggaplah Anda sebagai seorang desainer profesional yang akan memamerkan karya di dunia fashion. Dalam melakukan bisnis fashion ini Anda bisa membuat katalog atau pun mengambil gambar untuk dipasarkan dan orang lain dapat melihat desain pakaian dari Anda. Dengan demikian Anda bisa menjual produk pakaian dengan brand dari Anda sendiri dan memakai sosial media sebagai pasarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *