Inilah Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial di Era Modern Ini!

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial di Era Modern Ini!

Siapa sekarang ini yang tak memiliki akun di media sosial atau sosmed? Rasanya tak ada orang yang tak memiliki salah satu akun sosmed yang aktif digunakan untuk bersosialisasi. Bahkan banyak yang memiliki lebih dari satu akun yang sehari-hari aktif digunakan. Fenomena sosmed ini pastinya tak hanya terjadi di Indonesia. namun secara global, masyarakat Indonesia menjadi salah satu yang paling banyak menggunakan sosmed untuk bersosialisasi bahkan mencari informasi. Meski begitu, ada beberapa kalangan yang memilih untuk tak menggunakannya atau membatasi hanya 1 atau 2 sosmed saja dengan alasan tersendiri. Ada juga yang membatasi anggota keluarga atau mengawasi penggunaan sosmed di internet terutama untuk putra-putri mereka.

 Inilah Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial di Era Modern Ini!

Jika Anda belum memutuskan apakah ingin menambah akun sosmed atau bahkan memiliki sosmed perdana, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan jejaring sosial ini untuk bisa memutuskan apakah akan menambah akun atau memilih jejaring sosial mana yang dipakai atau bahkan tak menggunakan sama sekali. 

Kelebihan dari penggunaan sosmed antara lain:

  • Menjadi perwakilan di dunia maya.

Akun sosmed juga bisa menjadi perwakilan diri Anda di dunia maya. Dengan memiliki akun sosmed, Anda bisa berbicara dengan teman secara tidak langsung, menghadiri pertemuan online, hingga memberikan deskripsi tentang diri sendiri. 

  • Sosialisasi.

Sosmed juga dapat digunakan bagi siapa saja yang ingin lebih bersosialisasi di dunia maya. Media sosial bisa membuat Anda berteman dengan orang dari belahan manapun juga baik yang pernah ditemui maupun yang belum pernah dilihat. Sosialisasi di jejaring sosial juga memungkinkan Anda berkomunikasi dengan idola, artis hingga tokoh negarawan. 

  • Update informasi.

Pengguna sosmed akan bisa menggunakan akunnya untuk melihat informasi dengan lebih cepat dan mudah. Anda juga bisa turut menjadi penyebar informasi tersebut atau menanggapinya. 

Selain kelebihan di atas, memiliki sosmed juga bisa memberikan kelemahan yaitu:

  • Addictive.

Penggunaan sosmed bersifat addictive sehingga sangat mungkin seseorang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain jejaring sosial. 

  • Hoax.

Penciptaan informasi dari sosmed bisa dibuat oleh siapa saja dan sangat mudah disebarkan. Karenanya, resiko informasi yang ada adalah berupa kabar bohong atau hoax sangatlah besar. 

  • Penipuan.

Sosmed juga bisa dijadikan modus penipuan karena pemilik akun bisa berinteraksi dengan orang yang tak dikenal secara pasti. Intensitas perkenalan bisa menjadi dasar kepercayaan pada orang asing yang bisa jadi di sisi lain dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan.

Baca juga artikel menarik lainnya di carajualan.com

Kelebihan dan kekurangan di atas hanyalah sebagian kecil dari apa yang ada di lapangan. Media sosial di tangan orang yang benar dalam memanfaatkannya bisa menghasilkan peluang tambahan uang bahkan menjadi sumber mata pencaharian. Sebaliknya, ditangan yang salah, sosmed dapat digunakan untuk memberikan ujaran kebencian hingga berita palsu untuk tujuan tertentu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *