Istilah Jual Beli Online yang Harus Diketahui Pembeli

Jual beli online sekarang menjadi pertimbangan masyarakat untuk dapat membeli barang yang diinginkan. Cara ini dinilai lebih efektif karena dapat untuk membandingkan harga barang yang akan dibeli sehingga mendapatkan barang yang lebih murah. Selain itu, cara belanja online ini juga dinilai lebih praktis dan efisien untuk dapat membeli barang. Oleh karena itulah tidak heran banyak orang yang lebih memilih cara belanja online ini daripada membeli barang offline. Ketika Anda ingin membeli barang secara online, Anda nantinya akan menemukan istilah baru yang ada ketika melakukan transaksi jual beli secara online ini. Beberapa istilah yang harus diketahui tersebut adalah: 

Baca juga: Tips Jual beli Online Aman

  • COD

COD merupakan cara pembayaran yang bisa dipilih oleh pembeli agar mendapatkan transaksi yang lebih aman. COD atau cash on delivery adalah sistem pembayaran di tempat sehingga ketika telah janji bertemu antara penjual dan pembeli baru melakukan transaksi secara langsung. Atau juga ketika membeli barang di situs jual beli dan memilih sistem pembayaran COD maka pembeli bisa untuk melakukan pembayaran pada kurir yang mengantarnya. Sehingga Anda tidak akan perlu repot-repot untuk transfer dan cara ini juga dinilai lebih aman ketika bertransaksi secara online. 

  • Ongkir

Istilah dalam jual beli online selanjutnya adalah ongkir atau ongkos kirim yang harus dibayarkan oleh pembeli ketika membeli suatu barang. Ongkos kirim tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor baik itu berat barang yang akan dikirimkan, jenis barang, hingga daerah tujuan dan asal barang tersebut. Berbagai faktor tersebut akan mempengaruhi harga ongkir yang harus dibayarkan oleh pembeli. Tetapi ada juga beberapa toko yang menawarkan gratis ongkir apabila membeli barang dalam nominal tertentu. Oleh karena itulah sebaiknya perhatikan kebijakan toko mengenai ongkos kirim ini agar dapat membeli barang secara online lebih murah. 

  • Return

Merupakan istilah yang digunakan untuk pengembalian barang yang telah dibeli dan sampai ke pembeli. Apabila barang yang datang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan maka Anda bisa untuk mengembalikannya atau dengan complain sehingga bisa untuk return barang. Tetapi tidak semua toko menawarkan hal ini sehingga perhatikan deskripsi toko dan barang tersebut apakah menyediakan return barang atau no return yang tidak bisa untuk mengembalikan barang yang telah dibeli. 

  • Voucher

Dan istilah lainnya adalah voucher yang bisa digunakan untuk mendapatkan pengurangan harga barang dalam jual beli online. Bagi Anda yang terbiasa untuk berbelanja online maka pastinya akan sering untuk mencari voucher terlebih dahulu yang bisa digunakan sehingga jumlah pembayaran akan dapat berkurang atau setidaknya dapat gratis ongkir. Oleh karena itulah voucher ini sangat penting dan bisa dimasukkan sebelum akan melakukan pembayaran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *