Jangan Tertipu Harga Diskon

Jangan Tertipu Harga Diskon !

Harga diskon menjadi buruan para shopa holic yang menjadi incaran disetiap hari dan event tertentu, hal ini dieproleh dari beberapa survey yang menyebutkan bahwa lebih dari 70% rakyat Indonesia masih mempertimbangkan promo dan diskon yang diberikan diberbagai pusat pembelanjaan seluruh Indonesia baik secara konvensional maupun secara online. Diskon sendiri memiliki macam varian diantaranya ada yang memilih voucher potongan, undian menarik, promo pemasaran, harga spesial dan ada juga karena edisi terbatas.  

Jangan Tertipu Harga Diskon
Jangan Tertipu Harga Diskon

Karena semua hal tersebut adalah sebuah kata yang menggiurkan bagi sebagian kamu wanita yang hobi berbelanja, mereka akan membandingkan 1 rupiah saja dengan mengatakan kalau harga itu lebih murah. Namun tak banyak wanita yang jeli terhadap adanya kegiatan promo dan diskon. Terkadang diskon sendiri sulit dihitung dari harga aslinya, sehingga menyulitkan konsumen untuk membandingkan penawaran mana yang lebih menguntungkan, banyak sekali promo yang terlihat sangat menguntungkan namun sebenarnya adalah sama saja.

Harga diskon terkadang hanya tipuan, anda harus lebih teliti menghitung harga diskon yang diberikan departemen store tempat anda berbelanja. Seperti contoh berikut, anda membeli sebuah jaket di pusat perbelanjaan langganan anda yang sedang ada diskon besar – besaran, yaitu sebesar 50% + 20%, harga jaket ini semula adalah 300 ribu, ketika sampai dikasir ternyata anda harus membayar sebesar 120 ribu bukan seperti yang anda hitung yaitu 90 ribu, kok bisa? Hal ini terjadi karena perhitungannya adalah sebagai berikut barang yang di diskon adalah 50% dari harga awal, kemudian hasil tersebut di diskon lagi sebanyak 20%, jadi bukan langsung harga awal di diskon 70%, aplikasi dari contoh diskon yang disebutkan tadi adalah seperti ini harga 300 ribu didison sebanyak 50%, yaitu sebesar 150 ribu, kemudian harga ini di diskon lagi sebanyak 20% yang senilai dengan 30 ribu, sehingga diskon sebenarnya adalah 180 ribu, jadi total pembayaran anda sebesar 120 ribu.

Harga diskon tidak selamanya memberikan keuntungan untuk kita sebagai seorang pembeli, karena bisa jadi barang yang di diskon adalah barang yang sudah lama tidak laku, bukan merupakan barang baru lagi, atau barang ini sudah tidak lagi menjadi tren dipasaran industri. Dan apalagi jika anda membeli barang yang tidak sering anda pakai, ini malah akan menjadi pemborosan dalam pengeluaran anda, bukan malah hemat tapi malah buntung. Jadi jangan terlalu bernafsu pada barang yang sedang diskon, jangan hanya karena diskonannya terlihat besar lantas anda langsung membelinya padahal tidak sedang anda butuhkan, jadi cermatlah dahulu sebelum membayar dan jangan terlanjur senang dahulu hingga melupakan akal sehat anda. Jadilah konsumen yang pandai dalam mengelola keuangan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *